Kementerian Pariwisata Akan Resmikan Wisata Pulau Bawah

IMG_20170125_101824
Wisata Pulau Bawah, Kabupaten Anambas

Natuna (Marwahkepri.com) – Wisata Resort Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas, akan diresmikan oleh Kementerian Pariwisata dalam waktu dekat ini. Wisata eksklusif kelas dunia ini bakal menjadi magnet bagi Anambas guna menarik para pelancong mancanegara.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, saat ini pihaknya tengah konsen dalam pengembangan sektor pariwisata. Wisata Pulau Bawah bakal diresmikan pada bulan Mei mendatang oleh Kementerian Pariwisata.

Secara geografis, Anambas dan Natuna tidak jauh berbeda, banyak pulau-pulau nan indah, pasir pantai dan bawah laut bisa dieksplor menjadi wisata berkelas internasional.

“Kita punya alam yang luar biasa indahnya, pada bulan Mei akan ada peresmian resort pulau bawah. Nanti kita akan mengundang pak Bupati, mudah-mudahan bisa hadir”, ujar Haris, saat bertatap muka dengan Pemerintah kabupaten Natuna, Senin (23/01).

Mantan anggota DPRD Natuna ini menyampaikan, selain wisata pulau bawah, masih ada beberapa lokasi wisata lainnya di Anambas tengah digarap saat ini. Masih dalam rangka menarik wisatawan, pihaknya juga akan menggelar festival Padang Melang pada bulan April.

Haris optimis jika sektor wisata digarap secara baik, maka akan menjadi sumber pendapatan bagi daerah. Apalagi pemerintah pusat tengah mencanangkan program 21 juta wisatawan.

Menurutnya, meskipun Natuna dan Anambas sudah beda pemerintahan, namun hubungan dua daerah ini tidak bisa putus. Banyak peluang dari pusat yang bisa digarap secara bersama-sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Membangun dua daerah dengan dua pemerintahan, Kita sudah menetapkan exit entri point di pelabuhan Tarempa. Saya rasa kalau belum ada, Natuna perlu menggesa itu, kalau sudah ada akan lebih mudah kita mempromosikan daerah”.

Pulau Bawah Secara administrasi termasuk wilayah Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, dengan koordinat geografis berada di posisi 02o 31’ 05” LU 106o02’ 48” BT. Pulau bawah yang merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri atas lima pulau, yakni Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang. Formasi kelima pulau itulah yang membentuk laguna, sebut saja Laguna Pulau Bawah. Luas keseluruhan pulau sekitar 99.379 Ha.

Laguna pulau bawah yang masih perawan ini disebut sebagai Asia’s top five tropical island paradises tercantik setelah Tahiti, dan kekayaan pulau bawah lautnya tidak kalah dengan Raja Ampat, Bunaken dan lokasi terbaik di timur Indonesia lainnya.

Anambas merupakan pecahan Natuna, ibarat anak dengan ayah, akan tetapi kendati usianya lebih muda, sektor pariwisatanya selangkah lebih maju. Natuna sebagai Kabupaten induk, belum punya sektor wisata handalan, masyarakat berharap pemerintahan Berhati Nyaman mampu menyelesaikan Pekerjaan Rumah ini.

Menanggapi hal ini, Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, Natuna saat ini tengah berbenah diri. Disamping menggalakkan sektor Kelautan Perikanan, pihaknya juga sudah membuat konsep wisata kelas dunia.(nang)

Print Friendly, PDF & Email