Diguyur Hujan Ringan, Pembukaan STQ Kelurahan Daik Berlangsung Baik

Pembukaan STQ Kelurahan Daik Tahun 2017 ditandai DENGAN pemukulan beduk Oleh Lurah Daik, Jufri, S.STP
Pembukaan STQ Kelurahan Daik Tahun 2017 ditandai dengan  pemukulan beduk Oleh Lurah Daik, Jufri, S.STP

Lingga, (Marwahkepri.com) – Bertempat di halaman masjid Darul Hikmah pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kelurahan Daik tahun 2017 berlangsung khidmat. Meski diguyur hujan ringan antusiame masyarakat terlihat jelas menyambut perlombaan siar agama tahunan ini, Rabu (25/01).

Diawali dengan pembacaan Alquran dan pembacaan doa, pembukaan STQ ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan Camat Lingga, Yuslizar, Asisten 3 Pemkab Lingga, Drs. Abdurahman, Kapolsek Daik Lingga diwakili Bripka, Sanusi, S.Sos dan Lurah Daik, Jufri, S.STP.

Ketua pelaksana kegiatan, Susanto dalam penyampaiannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan dasar keputusan hasil rapat RT, RW dan tokoh masyarakat beserta pendukung lainnya pada tanggal 6 Januari 2017 silam bertempat di Lela Sangguna, Daik Lingga.

” Ini merupakan kegiatan dalam mencari tiwalah-tilawah yang berpotensi untuk mewakili kelurahan daik ke STQ kecamatan Lingga tahun 2017,” kata dia.

Dengan begitu pada STQ Kelurahan Daik tahun 2017 kata dia mengangkat tema “Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa serta siar islam mari kita sukseskan STQ Kelurahan Daik Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga tahun 2017/1438 H di RW 005 Kelurahan Daik”.

Kegiatan tahun ini dilakukan dengan tujuan menumbuhkembangkan minat membaca Alqur’an pada setiap insan dan demi mempererat tali silaturahmi antar umat khususnya di Kelurahan Daik sendiri.

Kegiatan STQ yang berlangsung mulai tadi, 25 Januari hingga 28 Januari 2017 mendatang, dilangsungkan dihalaman masjid Darul Hikmah, Daik Lingga dengan memperlombakan beberapa cabang yakni cabang tartil qur’an putra putri, tilawah anak putra putri, tilawah remaja putra putri, tilawah dewasa putra dan putri, fahmil qur’an , syarhil qur’an. Sedangkan peserta dikatakan untuk tilawah berjumlah 46 orang, fahmil 10 regu dan syarhil ada 7 regu.

“Dewan hakim hakim dan kepanitiaan dibentuk berdasarkan SK Lurah Daik,” lanjutnya.

Hadiah dalam perlombaan keagaman ini lanjutnya berupa piala, piagam dan yang saku. Mengenai pendanaan menurutnya bersumber dari sumbangan masyarakat kelurahan Daik serta sebagian donatur di keluaran Daik.

Sementara Camat Lingga, Yuslizar mengatakan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak kelurahan Daik atas terselenggaranya STQ meski dalam teknisnya menggunakan dana swadaya masyarakat.

“Semoga lantunan ayat suci alqur’an tidak hanya sebatas pada perlombaan ini saja, tetapi diharapkan dapat menjadi budaya kita yang kelak dapat terus menerus di lantunkan,” ujar Yusrizal.

Hal senada juga disampaikan, Abdurahman yang mewakili Bupati Lingga. Dia sampaikan atas nama pemerintah daerah cukup berbangga hati terlaksananya STQ tingkat Kelurahan Daik tahun 2017/1438 H. Dia yakin dan percaya kegiatan ini dapat meningkatkan kekompakan.

“Hal ini dapat dilihat dari penyelenggara ini menurut hemat saya telah dapat meningkatkan kegiatan ini. Mudahan ditahun depan akan lebih baik. Sebab bukan hanya membaca Alqur’an tetapi lebih penting pengamalannya, terutama generasi muda dalam membentengi perkembangan globalisasi,” ungkapnya. (MK / arp)