800 Orang Pemanjat Cengkeh Dari Jawa Terjun ke Natuna

images (7)
Ilustrasi – Pemanjat cengkeh

Natuna (Marwahkepri.com) – Kendati harga cengkeh turun derastis di tahun 2017, namun musim panen kali ini memberikan berkah bagi banyak orang. Tidak hanya bagi petani Natuna, akan tetapi turut menjadi berkah bagi penduduk dari luar Natuna.

Pada Minggu (22/01) sekitar pukul 16.30 WIB, sedikitnya 800 orang dari pulau jawa turun dari kapal KM Bukit Raya, di pelabuhan Selat Lampa. Tujuan mereka tidak lain untuk mencari nafkah sebagai pemanjat cengkeh di kebun milik masyarakat.

Farizal (55) menuturkan, kemarin ia berangkat ke Selat Lampa untuk menjemput istri dan cucunya. Ia melihat dan berkomunikasi dengan mereka, setelah turun dari KM Bukit Raya.

“Kemarin kan abg ke lampa, jemput cucu sama istri, memang ada kurang lebih 800 orang turun dari kapal. Kata mereka mau kerja manjat cengkeh”, ujar Farizal, Senin (23/01).

Hal ini juga dibenarkan Agus (45) salah satu penumpang Bukit Raya dari Kota Tanjungpinang. Sebagian besar pemanjat cengkeh tersebut akan ke pulau-pulau, sudah ada yang mempekerjakan mereka.

“Iya saya juga lihat kemarin, katanya mereka dari Jawa mau manjat cengkeh disini. Sudah ada tokenya di pulau-pulau”.

Dari dahulu, Natuna memang dikenal sebagai daerah penghasil cengkeh. Dimusim panen seperti sekarang, tidak hanya memberikan berkah bagi masyarakat Natuna, tetapi juga bagi masyarakat dari luar Natuna.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.