Presiden Lantik Kasau Baru

kasau

Jakarta (Marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal Madya (Marsdya) Hadi Tjahjanto sebagai kepala staf TNI Angkatan Udara (Kasau) menggantikan Marsekal Agus Supriatna yang akan pensiun pada 28 Januari mendatang.

Upacara pelantikan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/1 kemarin), disaksikan Wapres Jusuf Kalla, Ketua DPR Setya Novanto, dan menteri Kabinet Kerja.

Hadi diangkat sebagai kasau berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2/TNI/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

Hadi  yang lahir di Malang, Jawa Timur, pada 8 November 1963, tercatat sebagai perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 1987. Sebelum ditunjuk Presiden Jokowi sebagai kasau, Hadi menjabat inspektur jenderal (irjen) Kementerian Pertahanan

Karier Hadi terbilang cemerlang. Dia meraih bintang tiga lebih cepat dibandingkan rekan-rekannya yang seangkatannya. Pada Oktober 2016, Hadi yang saat itu masih menjabat sekretaris militer dipromosikan menjadi irjen Kementerian Pertahanan.

Hadi meraih bintang satu saat didapuk menjadi direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas) 2011-2013. Dia pernah menjabat kepala Dinas Penerangan TNI AU, pada periode 2013-2015 dan komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur pada 2015. (mk/as/bs)