45 KK Korban Kebakaran Terima Bantuan dari Walikota

Terima

MARWAHKEPRI.COM-TANJUNGBALAI

Walikota Tanjungbalai M Syahrial SH MH menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai.

Dalam penyerahan tersebut walikota menyampaikan turut prihatin atas musibah yang telah menimpa keluarga para korban.

“Semoga keluarga tabah, iklas dan sabar serta lebih giat lagi dalam bekerja. Sehingga nantinya dapat kembali menjalani kehidupan seperti sebelumnya,” kata Syahrial.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Tanjungbalai atas nama Pemerintah Kota Tanjungbalai menyerahkan bantuan sembako berupa beras, minyak goreng, indomie, bubuk teh, gula, peralatan mandi dan tidur serta uang santunan kepada para korban guna meringankan sedikit beban keluarga korban kebakaran.

Sementara, pasca terjadinya kebakaran di Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, puluhan kepala keluarga (KK) tidak punya tempat tinggal hingga saat ini. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai diminta agar membantu pembangunan kembali rumah yang layak bagi para korban kebakaran tersebut.

“Kita sangat prihatin atas nasib yang dialami oleh para korban kebakaran yang terjadi baru-baru ini di Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai. Sampai saat ini, mereka masih menumpang di rumah keluarganya tidak jauh dari lokasi kejadian.

Oleh karena itu, kita berharap kepada Pemko Tanjungbalai agar membantu para korban kebakaran tersebut diluar kebutuhan sandang pangan. Bantuan tersebut berupa membantu para korban untuk membangun kembali rumah tinggalnya masing-masing,” ujar Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Tanjungbalai Said Budi Syafril SH kepada koran ini.

Pada kesempatan itu, Said Budi Syafril juga tidak memungkiri kenyataan bahwa kemungkinan ada rumah warga yang terbakar tersebut berada di atas lahan milik PT Pelindo. Untuk itu, Pemko Tanjungbalai juga diminta agar menyediakan lokasi tempat tinggal yang baru bagi mereka.

“Korban kebakaran itu adalah warga Kota Tanjungbalai walaupun semula, rumah mereka berdiri di atas lahan milik Badan Usaha Milik Negara. Hal itu tidak menjadi halangan bagi Pemko Tanjungbalai untuk membantu korban kebakaran dalam mendapatkan tempat tinggal yang layak dan pantas,” pungkas Said.

Terkait dengan desakan tersebut, Walikota Tanjungbalai yang dihubungi melalui Kabag Humas dan Protokol Nurmalini Marpaung SSos M Ikom tidak memungkirinya. Namun, akunya, sesuai dengan anggaran yang tersedia saat ini, bantuan dari Pemko Tanjungbalai masih sebatas yang diakomodir dalam APBD seperti bantuan sembako dan sewa rumah selama satu tahun. “Apabila dananya dianggarkan dalam APBD, bisa saja Pemko Tanjungbalai membantu pembangunan rumah korban kebakaran tersebut. Semua tergantung kepada ketersediaan dananya,” ujar Nurmalini Marpaung singkat.

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran yang terjadi pada hari Minggu (18/12) lalu d Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai menyebabkan 45 unit rumah musnah terbakar.

Menurut Camat Teluk Nibung, Fahrizal Nasution, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun, imbuhnya, akibat kebakaran itu, sedikitnya 45 rumah penduduk ludes terkbakar dan 53 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal hingga saat ini.