Petani Keluhkan Harga Komoditi Cengkeh Terjun Bebas

unduhan (3)Natuna (Marwahkepri.com) – Mengawali tahun baru 2017 ini petani di Natuna harus dihadapkan dengan persoalan murahnya harga komoditi cengkeh. Harga cengkeh pada musim panen kali ini terjun bebas dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Usman (55), salah satu petani cengkeh berdomisili di Air Kolek, Ranai, menuturkan, kendati hasil panen cengkeh melimpah, namun harganya terbilang rendah. Sehingga rupiah yang diperoleh pun tidak jauh berbeda dengan musim panen tahun lalu.

“Memang kalau kita bandingkan dengan musim tahun kemarin, buah cengkeh kali ini lebih lebat. Tapi jatuhnya sama juga, karena tahun ini harganya murah”, ujar Usman di kedimannya, Jumat (13/01).

Pria beranak 3 yang juga bekerja sebagai Honorer di kantor Bupati ini mengutarakan, cengkeh kering pada musim sebelumnya dihargai antara Rp 100.000-120.000 per kilo gram. Sedangkan pada musim ini hanya bisa dijual antara Rp 80.000-90.000 per kilo gram.

Petani tidak bisa berbuat banyak, meski harganya turun derastis, mau tidak mau mereka tetap memetik dan menjual hasil panennya kepada sejumlah tengkulak di Ranai.

Penurunan harga tidak hanya untuk cengkeh yang sudah dikeringkan, tetapi harga cengkeh basah baru dipetik juga ikut melorot. Sebelumnya cengkeh basah (tanpa dijemur) dapat dibeli penampung dengan range harga Rp 20.000-30.000, tetapi hari ini hanya bisa dijual sebesar Rp 15.000-19.000, hanya toke tertentu yang mampu menampung sampai Rp 20.000,-.

“Cengkeh basah juga ikut turun harganya, kalau kemarin kami jual itu paling rendah Rp 20 ribu, bahkan ada yang sanggup beli sampai Rp 30 ribu. Tapi mau tidak mau tetap kita jual meskipun harganya murah”.

Usman berharap, harga cengkeh dimusim berikutnya bisa bisa lebih baik dari hari ini. Paling tidak bisa normal seperti tahun sebelumnya.

“Kita berharap kedepan harga cengkeh ini bisa kembali normal, seperti tahun 2016 kemarin. Biar masyarakat merasakan juga duitnya, apalagi sekarang harga kebutuhan pokok terus naik, jadi biar seimbang”.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.