Tak Berkontribusi, Pemkab Akan Ambil Tindakan Penyehatan Perusda Natuna

images-7
Bupati Natuna Hamid Rizal

Natuna (Marwahkepri.com) – Pemerintah Kabupaten Natuna akan menempuh langkah penyehatan terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Menyusul keberadaannya belum mampu berkontribusi menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Natuna.

Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, perolehan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan belum menunjukkan kinerja memadai (performance based) karena tidak memberikan bagian laba atas pernyataan modal.

Karenanya, Pemerintah daerah harus melakukan langkah penyehatan Perusahaan Daerah tersebut. Mulai dengan melakukan efisiensi, rasionalisasi, sampai dengan pilihan untuk melakukan penjulan aset (disposal) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Demikian disampaikan Hamid pada Senin malam (10/01) di kantor DPRD Natuna, dalam acara pembacaan Nota Keuangan RAPBD Natuna tahun 2017.

Langkah awal terlebih dahulu melakukan proses penilaian melalui lembaga Apprasial yang telah bersertifikat, terkait mengenai hak dan kewajiban Perusahaan Daerah, dan atau upaya hukum atas pernyataan modal tersebut.

Karena seluruh aset dan kekayaan perusahaan dimaksud tetap merupakan kekayaan pemerintah daerah, tercatat dalam ikhtisar laporan keuangan perusahaan sebagai salah satu lampiran laporan keuangan pemerintah daerah.

Meskipun Demikian, BUMD yang menjalankan fungsi pemupukan laba (profit oriented) harus mampu menghasilkan keuntungan atau deviden dalam rangka meningkatkan PAD.

Sedangka BUMD yang menjalankan fungsi kemanfaatan umum (public service oriented) harus mampu meningkatkan kualitas maupun cakupan layanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 31 tahun 2016 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2017.(nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.