Kurangi Kemiskinan, Sri Mulyani Ingin Ekonomi RI Berkualitas

57bd872dd35d7-menteri-keuangan-sri-mulyani-indrawati_663_382

marwahkepri.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui, langkah pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan di berbagai wilayah Indonesia masih bergerak melambat. Meskipun pada dasarnya, ada perubahan positif yang terlihat.

“Akselerasi penurunan (kemiskinan) ini makin landai,” ungkap Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 10 Januari 2017.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memahami, dalam sepuluh tahun terakhir telah terjadi penurunan angka kemiskinan yang cukup konstan. Namun, penurunan kemiskinan yang masih bergerak lambat menjadi catatan penting pemerintah ke depan.

Menurut dia, hal ini semakin menunjukkan bahwa kemampuan pemerintah dalam mendesain struktur perekonomian nasional harus kembali ditingkatkan. Utamanya, dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah yang tersebar di Indonesia.

“Karena, satu persen pertumbuhan ekonomi, harus menurunkan kemiskinan lebih cepat,” ujarnya.

Maka dari itu, Ani mengingatkan, kepada seluruh jajaran Kemenkeu, agar tidak cepat puas dengan geliat perekonomian yang dicapai sepanjang tahun 2016. Sebab, masih ada pekerjaan besar yang menanti di 2017.

“Kita tidak boleh berpuas diri, dengan kemampuan ini. Kita harus menaikkan, apakah pertumbuhan ekonomi bisa memadai atasi masalah struktural,” katanya. (mk/r/viva.co.id)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.