Saber Pungli Natuna Pantau Setiap Pelayanan Publik

img_20170109_151424
Wan Siswandi

Natuna (Marwahkepri.com) – Dalam waktu dekat ini Tim Saber Pungli Kabupaten Natuna akan terbentuk dan siap beraksi memberantas mafia pungutan liar. Demikian disampaikan Sekda Natuna Wan Siswandi di kantor bupati, Senin (09/01).

Hari ini telah dilakukan rapat koordinasi dengan sejumlah instansi yang bakal terlibat didalam Tim Saber Pungli. Intinya untuk membahas SK Bupati terkait personilnya.

“Tadi kita rapat, itinya membahas masalah SK bupati, termasuk siapa saja personilnya. Timnya sudah terbentuk, tetapi belum di SK kan, dalam waktu dekat ini akan dibahas lagi”.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam Tim Saber Pungli diantaranya Bupati Natuna sebagai Ketua, Wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna, Kepolisian, Kejaksaan, Inspektorat daerah, Bagian Hukum, Imigrasi, TNI AL, TNI AU, dan TNI AD.

Sementara itu Kajari Natuna Efrianto,SH mengatakan, tugas utama tim ini lebih kepada pencegahan praktek pungli disetiap pelayanan publik. Bagi PNS yang kedapatan melakukan pungli, tetap akan diproses sesuai aturan.

Setelah tim ini terbentuk, pertama kalinya akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu. Meliputi sosialisasi kepada PNS mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kabupaten.

“Tugas tim lebih memberikan kesadaran kepada unit kerja yang melayani masyarakat, jangan lagi melakukan pungli”, ujar Efrianto di ruang kerjanya.

Meski di daerah lain tim Saber Pungli sudah terbentuk beberapa bulan lalu. Natuna belum bisa dikategorikan terlambat, karena tidak ada kontek terlambat dalam penanganan pungutan liar.(nang)