Asus Zenfone AR Kenalkan RAM 8GB

asus-zenfone-ar

Marwahkepri.com — Di ajang Consumer Electronics Show (CES) termasuk jarang vendor teknologi yang mengumumkan produk dari lini ponsel pintar. Lain hal terjadi di tahun 2017, Asus memperkenalkan peranti genggamnya di Kota Las Vegas, Amerika Serikat.
Asus Zenfone AR, begitu namanya. Ponsel asal Taiwan ini menahabiskan diri sebagai yang pertama menggunakan RAM 8GB. Tapi tunggu dulu, bukan itu saja yang membuat seri ini layak masuk dalam daftar belanja Anda.

“Kami sangat sangat gembira untuk memperkenalkan (ponsel) dengan (fitur) Tango dan Daydream,” ujar Chairman Jonney Shih, seperti dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan, peranti berukuran 5.7 inci ini memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan objek virtual dan kemampuan mengaktifkan virtual reality (VR) saat menonton film dan bermain game.

“Ini benar-benar gelombang berikutnya dari tren ponsel pintar yang akan membuat konsumen lebih bersemangat,” kata Chief Marketing Asus Erik Hermanson.

Kedua teknologi ini sudah disebut awal tahun 2016 saat konferensi para pengembang atau Google I/O.

Project Tango sendiri sejatinya merupakan serangkaian teknologi yang ditanamkan pada ponsel atau tablet untuk memindai ruangan agar bisa disimpan ke format gambar 3D.

Perangkat dengan teknologi Project Tango akan memakai kamera depan khusus dengan sudut pandang mencapai 120 derajat untuk merekam gambar 3D. Pada bagian belakangnya terdapat sejumlah kamera dan sensor lain untuk merekam gambar dan mendeteksi kedalamannya. Tentu saja itu semua didukung oleh peranti keras mumpuni dan aplikasi yang menunjang untuk merekam gambar per gambar dan menjahitnya menjadi gambar 3D.

Perangkat macam ini akan mendukung Google untuk mendukung aplikasi realitas virtual (virtual reality).

Sementara Daydream merupakan standar khusus untuk memaksimalkan teknologi Virtual Reality. Saat ini Google sudah memperkenalkan Daydream View yang merupakan tindak lanjut dari Daydream yang merupakan standar desain referensi dari Google untuk peranti keras dan peranti lunak VR.

Di panggung yang sama Google Project Tango Johhny Lee, berharap,” lusinan aplikasi yang terhubung dengan Tango akan segera datang segera di Google Play Store.”

Saat ini pesaing Asus yang sudah menggunakan teknologi Project Tango adalah Phab2pro.

Zenfone AR mempunyai 3 ‘kamera’ belakang. Pertama kamera biasa untuk meringkus gambar dengan resolusi 23 megapixel, kedua motion tracking dan ketiga adalah indepth sensing. Ketiganya dirangkum untuk menyokong Project Tango.

Sementara kamera depan juga termasuk wah karena memanfaatkan resolusi 8 megapixel. Satu hal yang pasti, kamera di Zenfone AR ini sudah bisa mengambil gambar format 4K.

Layar yang besar tadi akan semakin tajam dengan kepadatan resolusi 2560×1440 pixel (WQHD), Super AMOLED dan tentu saja lebih tahan banting dengan Gorilla Glass 4.

Untuk mengantarkan kemampuan tadi, Zenfone AR dibekali Prosesor Qualcomm Snapdragon 821, prosesor grafis Adreno 530, RAM 8GB, pilihan memori internal 32 GB sampai 256 GB, dan mengusung sistem operasi Android 7.0 (Nougat) yang dimodikasi dengan Asus ZenUI 3.0.

Smartphone ZenFone AR rencananya akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2017. Belum diketahui harga jualnya.(mk/mun/cnn)