Menko Polhukam Minta Masyarakat Lebih Selektif Membaca Berita di Media Sosial

menko-polhukam-wiranto

Marwahkepri.com – Menko Polhukam Wiranto meminta masyarakat lebih selektif dalam membaca atau membagikan berita di media sosial.

Masyarakat juga harus mewaspadai berbagai upaya negatif dibalik berita bohong yang disebarkan di media sosial. Misalnya saja, provokasi, hasutan, dan propaganda dari pihak-pihak lain yang ingin membangun pemahaman yang berbeda terhadap pemerintah.

“Kita harapkan masyarkat lebih selektif menerima berita-berita seperti itu, masyarakat lebih objektif untuk menyisir berita-berita yang benar dan tidak benar, berita-berita yang sehat maupun yang tidak sehat,” kata Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (29/12).

“Pemahaman yang saat ini sedang menjalankan suatu program pembangunan secara serius dan sungguh-sungguh,” imbuh dia.

“Untuk melakukan kegiatan berupa penyesatan, pengelabuan kemudian juga disana ada ujaran-ujaran yang tidak tepat, ujaran-ujaran kepada orang lain yang bisa menimbulkan kebencian, dendam, ada fitnah disana, jadi sangat sulit,” pungkas Wiranto.

Dia menilai, media sosial saat ini memang lebih banyak diisi konten negatif. Banyak pihak justru menggunakan media sosial sebagai sarana menyebarkan kabar bohong. Sikap selektif sedari awal bisa mengurangi efek buruk provokasi dan fitnah. (mk/as/lp)