Tugu Agrominapolitan Setinggi 20 Meter Segera Dibangun

asnidar-salah-seorang-pekerja sawah di Sungai Besar, Foto : Hasbi
asnidar-salah-seorang-pekerja sawah di Sungai Besar, Foto : Hasbi

Lingga, (Marwahkepri.com) – Desa Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara bakal menjadi pusat kawasan agrominapolitan. Dalam waktu dekat kawasan tersebut akan dibangun sebuah monumen termegah dengan tinggi 20 meter.

“Tahun ini kita sudah alokasikan untuk monumen. Itu nanti monumen paling megah di Kabupaten Lingga,” ungkap Alias Wello, Bupati Lingga, Rabu (28/12).

Dia katakan saat ini Pemkab Lingga sudah menyiapkan kawasan Desa Sungai Besar sebagai pusat kawasan agrominapolitan. Sejalan dengan wacana tersebut, jalan yang menjadi akses juga direncanakan segera diaspal.

Dikawasan tersebut terang Wello akan dibangun sentra persawahan, sentra mina padi, perikanan air tawar, budidaya ikan air payau dan akan menjadi lumbung pangan.

“Untuk perkebunan buah, nantinya akan dibuka di Dabo, Daik serta di Senayang,” kata dia.

Sebelumnya, Plt Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, Said Nursyahdu menyampaikan pembangunan tugu agrominapolitan tersebut, akan menelan anggaran sekitar Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.

Bahkan belakangan diketahui peletakan batu pertama tugu tersebut oleh Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun serta Bupati Lingga beberapa waktu lalu.

Selain itu direncanakan tugu tersebut juga akan ditambah beberapa ornamen yang melambangkan kekhasan daerah Kabupaten Lingga. (Mk/arpa)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.