Peluang Rio ke Formula 1 masih terbuka Lebar

rio-haryanto

Marwahkepri.com – Pembalap Indonesia Rio Haryanto berpeluang lagi untuk kembali tampil di ajang Formula 1. Sampai saat ini, tiga tim belum melengkapi daftar pembalap yang akan tampil di 20 seri balapan tahun depan.

Ketiga tim tersebut ialah Mercedes, Sauber, dan Manor Racing. Dari ketiga tim, hanya Manor yang sama sekali belum menentukan pembalap. Manajer Rio, Piers Hunnisett, mengatakan peluang terbesar Rio untuk kembali membalap di 2017 ada di Sauber dan Manor Racing.

Dalam beberapa bulan terakhir Hunnisett mengungkapkan telah berkomunikasi dengan seluruh tim yang ada mengingat Rio berpengalaman membalap di F1. “Saya berharap Rio bisa menjadi bagian dari salah satu tim tersebut. Tapi sampai saat ini belum ada kabar terbaru yang bisa saya sampaikan. Target kami sekarang ialah membawa kembali Rio ke F1,” kata Hunnisett melalui pesan singkatnya(26/12).

Tahun ini, Rio yang menjadi pembalap pertama Indonesia di F1 tampil pada 12 seri bersama Manor Racing. Kiprahnya terhenti di tengah jalan karena tak mampu melunasi kewajiban pembayaran sebesar US$15 juta (Rp198 miliar). Setelah digantikan Esteban Ocon, Rio menjadi pembalap cadangan Manor Racing selama sisa musim 2016. Selama 12 kali membalap di F1, Rio belum mampu mendulang poin.

Hunnisett mengungkapkan, selama enam bulan terakhir terus mencari sponsor untuk membantu pendanaan Rio di 2017. Sejumlah sponsor dari Tiongkok, Thailand, dan Malaysia disebutkan Hunnisett memberikan respons positif. “Kami memang memiliki kemajuan yang signifikan dari segi sponsor. Terlebih Rio merupakan satu-satunya pembalap yang berasal dari Asia sehingga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Tingkat ketertarikan investor justru meningkat setelah GP Jerman musim lalu,” kata Hunnisett. tanpa menyebutkan pihak yang potensial menjadi sponsor.(mk/mun/mi)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.