Insiden Pesawat Tergelincir, Menhub Siap beri Sanksi Wings Air

wings

Yogyakarta (Marwahkepri.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi siap memberi sanksi tegas apabila grup Lion Air terbukti memiliki kesalahan manusia (human error) dalam kasus tergelincirnya pesawat Wings Air ATR 72-600 rute Bandung-Semarang Minggu (25/12) kemarin.

Ia telah meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi atas kasus tersebut. “Ada investigasi untuk Wings Air. Kita sudah minta KNKT melakukan penelitian,” ujar Budi Karya saat berbincang dengan wartawan di Yogyakarta.

“Ada yang bilang human error atau kesalahan si pilot, tapi dari informasi ada angin dari samping, sehingga membuat pesawat oleng. Nanti kita lihat, kalau memang seperti itu (faktor alam), mestinya Wings Air tidak bersalah,” Budi Karya menjelaskan.

Akan tetapi, bila terbukti ada kesalahan pengoperasian oleh manusia atau pilot, maka Wings akan dijatuhi hukuman. “Kalau terbukti tidak ada itu (faktor alam), ya kita kenakan sanksi grounded (larangan terbang),” tegas dia.

Budi Karya menuturkan, proses investigasi oleh KNKT biasanya memakan waktu dua sampai tiga bulan. “Setelah itu, baru bisa diambil keputusan,” ucapnya

Sebelumnya pada Minggu (25/12) sekitar pukul 18.24 WIB kemarin, Pesawat Wings Air ATR 72-600 dengan nomor penerbangan IW 1896 dengan registrasi PK WGW rute Bandung-Semarang mengalami overshoot atau keluar runway pada saat melakukan proses pendaratan di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam penerbangan Wings Air dengan pilot Capt George Tarun Rajan itu terdapat 68 penumpang dan 4 flight crew dan semuanya dalam keadaan selamat. (mk/as/lp)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.