Polri Gelar Operasi Lilin 2016

whatsapp-image-2016-12-22-at-09-55-24

Batam (Marwahkepri.com) – Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH bersama Segenap unsur pimpinan Daerah Kepulauan Riau, Para pejabat, Instansi Sipil TNI Polri, Para Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda, serta seluruh peserta menggelar Pasukan Operasi Lilin 2016 di Lapangan Engku Putri BAtam Centre, Kamis (22/12) kemarin

Dalam Amanatnya Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, menyampaikan Perkembangan Dunia Global yang ada saat ini, masih diwarnai dengan beberapa aksi teror yang berlangsung di beberapa tempat. Konflik berkepanjangan di sebagian Negara juga masih terjadi disertai trend perlambatan ekonomi yang melanda Dunia Internasional. Langsung maupun tidak langsung, berbagai kejadian tersebut akan berimplikasi terhadap kondisi keamanan dalam Negeri. Aksi teror masih terjadi seperti halnya kejadian di Samarinda dan Singkawang. Meskipun beberapa aksi teror dapat digagalkan namun ancaman ini dipercaya masih akan terus berlangsung. Disamping itu, dinamika kehidupan Nasional yang terjadi beberapa bulan terkahir, juga menunjukkan adanya potensi gangguan dalam bentuk kejadian Intoleransi, baik maupun antar Agama. Menjadi lebih kompleks, karena kejadian tersebut berlangsung ditengah suasana peningkatan suhu politik yang terjadi sebagai akibat dari pelaksanaan Pilkada serentak 2017.

Berbagai hal tersebut, menjadi tantangan tugas bagi Polri dan seluruh elemen terkait, khususnya dalam menjaga dan mengamankan pelaksanaan Ibadah Natal 2016 dan perayaan pergantian tahun 2017. Untuk itu, Polri menggelar Operasi Lilin 2016, yang dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 desember 2016 s.d 1 januari 2017. Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif yang didukung kegiatan Intelijen, serta Penegakan Hukum secara tegas dan Profesional. Secara keseluruhan, Polri mengerahkan 85.744 personil Polri, dibantu 15.096 personil TNI serta 55.130 personil Gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, dan Jasa Raharja. Para personel akan ditempatkan pada 1.609 pos pengamanan dan 643 pos pelayanan guna memberikan pengamanan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas.

“Selamat hari raya Natal 2016 bagi yang merayakan, dan selamat Tahun Baru 2017, semoga di Tahun Baru kita semua dapat berkarya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, selamat bertugas dan semoga sukses.” Tutupnya (mk/as/hum)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.