Penyeludupan Miras Illegal Asal Korea di Ungkap Polisi dan Bea-cukai

miras  Jakarta(Mk) – Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea-Cukai mengungkap penyelundupan soju, minuman keras asal Korea. Ada sekitar 36.400 botol soju yang berhasil diamankan. 

Menteri Keuangan Sri mulyani Indrawati mengatakan pemberantasan ini dilakukan oleh Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

” “Kami telah mengamankan miras jenis soju sebanyak 36.400 botol asal Korea Selatan. Dengan kerugian negara mencapai Rp 4,19 miliar,” kata Menteri Sri di Gedung Ditjen Bea dan Cukai, Jakarta timur ,Jumat (23/12).

Dia menjelaskan, minuman keras tersebut diselundupkan melalui satu kontainer 40 feet yang diimpor oleh PT. SPMB, yang merupakan importir produsen. Modus yang dilakukan adalah dengan membuat pemberitahuan (misdeclaration) yang tidak benar.

” Modus yang dilakukan adalah membuat pemberitahuan yang tidak benar. Barang diberitahukan sebagai part of elevator namun kedapatan miras (minuman keras) soju,”

Di tempat yang sama, Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan menyebut ada 2 tersangka yang telah diamankan. Kedua tersangka itu adalah MZ selaku direktur dan SR selaku tenaga marketing PT SPMB.

.
(Mk/rah/detik)