Menteri Perdagangan Jamin Stok Beras Nasional Aman

beras

Jakarta (Marwahkepri.com) – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, memastikan stok beras nasional aman untuk 3-5 bulan ke depan.

Kepastian diperoleh Enggar setelah berkoordinasi dengan Perpadi (Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia), Pasar Induk Cipinang dan Bulog.

“Perpadi sendiri bilang jamin 4 bulan, sampai Maret. Tapi potensinya bisa lebih dari itu. Karena dalam perdagangannya sendiri dia juga harus sediakan stok minimal 3 bulan ke depan,” kata Enggar dalam jumpa pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (23/12).

“Bulog juga aman sampai bulan Mei. Dengan demikian maka tidak ada kekhawatiran atas stok beras. Jadi perputaran beras tanpa ada impor, aman,” tambahnya.

Selain itu pihaknya juga menurunkan pejabat eselon I langsung ke provinsi-provinsi yang rentang mengalami lonjakan harga jelang akhir tahun. Sehingga ia optimis, masyarakat tidak lagi khawatir akan kenaikan harga.

Sekali lagi, saya dengan seluruh jajaran Kemendag tidak hanya menerima laporan dan ada di kantor saja. Saya sendiri turun, dan seluruh jajaran eselon I harus dan sudah turun. Mereka sudah turun untuk melihat ke semua provinsi, karena Indonesia bukan hanya Jakarta. Bagaimana perkembangan di Papua, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Maluku, Papua barat, kita pantau perkembangannya terus. Kontributor kita juga terus merespons,” ucapnya.

Stok bahan pokok lainnya di tingkat distributor untuk komoditas yang tidak mudah rusak seperti gula, minyak goreng, dan tepung terigu juga diyakini terpantau dalam kondisi cukup. (mk/as/dt)