BI Luncurkan Uang NKRI Desain Baru

Ilustrasi
Ilustrasi

 

Jakarta (Marwahkepri.com) – Bertepatan dengan Hari Bela Negara Indonesia, Bank Indonesia (BI) hari ini meluncurkan 11 pecahan rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baru. Uang pecahan baru tersebut terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam.

Gubernur BI Agus Martowardojo menyebutkan, penerbitan uang NKRI baru secara serentak ini pertama kali dilakukan sejak Indonesia merdeka.

“Sejak 71 tahun merdeka baru pertama kali kita mengeluarkan uang emisi 2016, sekaligus 7 uang kertas dan 4 uang logam,” kata Agus di Gedung Thamrin NI, Jakarta Pusat, Senin (19/12).

“Uang rupiah kertas dan logam yang telah dikeluarkan masih berlaku sepanjang belum dicabut dan ditarik peredaran oleh BI,” kata Agus.

Penetapan gambar pahlawan baru pada pecahan uang NKRI tahun emisi 2016 sudah melalui berbagai proses, antara lain pembahasan antara BI dan pemerintah. Selain itu, BI juga melakukan konsultasi dengan sejarawan, akademisi, serta Pemerintah Daerah.

“Prosesnya konsultasi BI dengan pemerintah, BI melakukan pembahasan FGD baik dengan sejarawan, Pemda, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Sosial,” kata Agus.

Hampir seluruh wajah pahlawan di uang tunai berganti, kecuali pecahan Rp 100.000. Pecahan Rp 100.000 tetap menampilkan wajah dua proklamator Indonesia yaitu Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta. (mk/as/dt)