Rokok dan Miras Tanpa Cukai Diduga Dijual Bebas di Kecamatan Singkep

img-20161214-wa0007

Lingga (Marwahkepri.com) – Peredaran rokok dan minuman keras ilegal masih saja dapat ditemui di sejumlah toko di Kabupaten Lingga.

Seperti toko Candi Jaya di Kecamatan Singkep yang diduga menjadi pusat peredaran rokok dan minuman keras ilegal.

Aktivitas toko inipun menjadi pertanyaan sejumlah pihak karena penegak hukum di Kabupaten Lingga terkesan diam dan membiarkan. Belum tahu apa penyebabnya sehingga hal ini belum menjadi permasalahan bagi penegak hukum.

Diperkirakan omset dari transaksi ini cukup besar hingga meyakinkan pemilik toko nekat menjalankan bisinisnya. Dalam satu bulan saja rokok bebas cukai ini mampu dijual hingga puluhan Dus.

Belakangan diketahui aktivitas jual beli produk tanpa cukai ini telah menyebar kepada masyarakat banyak. Sejumlah sumber pun menjelaskan terkait transaksi bisnis jual beli yang telah berlangsung sejak lama dan belum mendapat teguran dari penegak hukum.

“Mungkin dugaan kita toko Candi Jaya sudah ada kordinasi sama aparat setempat. Makanya toke itu bisa bebas mengedarkan rokok kawasan bebas dan juga minuman keras,” jelas salah satu sumber yang tidak mau namanya disebutkan, Rabu(14/12).

Barang yang berasal dari kota Batam tersebut, menurut sumber dibawa menggunakan kapal pribadi. Terkadang dititipkan melalui kapal reguler Batam -Jagoh.

“Jenis rokok kawasan bebas ada tiga merek yang di edarkan oleh toko Candi Jaya. Selain itu untuk jenis minuman yang di duga berasal dari Batam ada dua merek,” lanjut sumber tersebut.

Kronologisnya setelah barang sampai dan dikumpulkan di toko Candi Jaya, baru kaki tangan pihak toko mengedarkan kesejumlah toko, warung-warung kecil dan pengecer diwilayah Kecamatan Singkep dan Singkep Barat.

“Ada kaki-kakinya yang mengantar ke toko-toko pengecer di daerah ini,” sambungnya.

Seperti diketahui Kabupaten Lingga tidak masuk dalam kawasan Free Trade Zone ( FTZ) seperti Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun. (mk/arpa/ks)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.