Kapolres Natuna Imbau Masyarakat Tidak Perlu Takut Jadi Saksi

img_20161216_093744
AKBP. Charles P Sinaga

Natuna (Marwahkepri.com) – Kapolres Natuna AKBP Charles Panuju Sinaga mengatakan, di era sekarang ini masyarakat tidak perlu takut menjadi saksi dalam suatu perkara. Jika mengetahui atau menyaksikan suatu kejadian, maka segeralah melaporkannya kepada pihak Kepolisian. 

Terkait pemberian informasi sudah diatur dalam peraturan, bahwa narasumber pemberi informasi tetap dilindungi. Saksi dalam sebuah perkara tidak akan sampai ke Pengadilan seperti yang ditakutkan warga selama ini.

“Nah terkait pemberian informasi sudah diatur dalam peraturan, bahwa sumber informasi itu tetap kita lindungi. Jadi jangan takut, tidak akan sampai ke pengadilan”, ujar Charles usai menyaksikan rekonstruksi di Batu Kapal, Kamis (15/12).

Sebenarnya kata Charles, rekonstruksi dilakukan dengan disaksikan masyarakat, secara tidak langsung memberikan pelajaran kepada masyarakat, bahwa perbuatan pidana itu ada rangkaiannya. Karenanya, jika ada warga yang mengetahui rangkaian seperti itu segera menginformasikannya kepada Polisi.

“Pesan saya kepada masyarakat, kedepan kita tidak tau kejadian apa nantinya, kalau mengetahui rangkaian itu segera menginformasikan kepada polisi, karena informasi itu merupakan bantuan yang sangat berarti buat kita untuk mengungkap suatu perkara”.

Berkat informasi dari masyarakat, tersangka pembunuhan di Batu Kapal, bisa ditangkap Polisi dalam waktu 2×24 jam. Keberhasilan mengungkap kasus ini bukan karena kehebatan aparat semata, tetapi karen peran aktif masyarakat.

“Jadu bantuan masyarkat sangat kita butuhkan. Saksi tidak dilindungi itu jaman RIB, sekarang jaman KUHAP, sekarang dilindungi. Intinya masyarakat tidak perlu takut untuk menjadi saksi”.

Rekonstruksi kasus pembunuhan dimulai dari pukul 10.45 – 11.50 WIB, disaksikan ramai-ramai oleh masyarakat sekitar Ranai. Dalam adegan diketahui, tersangka KH sempat berusaha bunuh diri, sebelum melarikan diri. (Nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.