Buktikan Garuda Bisa Juara

indonesia-vs-thailand

Jakarta(Mk) – Impian untuk menjadi raja di Asia Tenggara itu sudah sangat dekat dengan kenyataan. Dengan menuntaskan ujian terakhir di Stadion Rajamangala, timnas Indonesia akan jadi juara AFF Suzuki Cup 2016.

Gelar juara memang terlihat makin realistis untuk digapai setelah timnas mengalahkan Thailand 2-1 di Stadion Pakansari semalam. Kemenangan tersebut membuktikan bahwa Thailand yang sebelumnya sangat diunggulkan  bisa dikalahkan.

Gembira boleh, tapi jangan puas dulu. Masih ada satu pertandingan lagi yang harus dilalui timnas untuk jadi juara. Pasukan Alfred Riedl akan gantian dijamu Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu (17/12) mendatang.

Melihat skor di leg pertama, posisi Indonesia sebenarnya masih jauh dari kata aman. Pasalnya, Thailand cuma harus menang 1-0 di Rajamangala untuk membalikkan keadaan dan mengubur mimpi Indonesia. Mempertimbangkan catatan Thailand yang tak pernah gagal bikin gol dalam enam laga di AFF Suzuki Cup tahun ini, Indonesia tentu harus bekerja sangat keras di leg kedua.

Di final Piala AFF 2004, Indonesia kalah 1-3 dari Singapura di Gelora Bung Karno. Hal itu memperberat langkah tim ‘Merah-Putih’, yang kemudian menyerah dengan skor 1-2 di kandang Singapura.

Berselang enam tahun, Indonesia kembali menembus babak final dan bertemu Malaysia. Akan tetapi, saat bertandang ke Kuala Lumpur pada laga final leg pertama, timnas kalah telak 0-3 dari Malaysia. Target membalikkan keadaan di GBK pun tak terwujud karena timnas cuma menang 2-1.

Yang kedua adalah fakta bahwa sejak final Piala AFF digelar dua leg, para pemenang di laga pertama selalu bisa menuntaskannya dengan jadi juara. Dengan kata lain, belum ada tim yang mampu membalikkan keadaan dan jadi juara setelah kalah di leg pertama final.

Thailand memang tim terkuat di Asia Tenggara saat ini. Tapi, mengutip kata Riedl semalam, dalam sepakbola semua hal mungkin terjadi, tak terkecuali Indonesia meraih hasil yang cukup untuk menjadi juara dan mengangkat trofi di Rajamangala.

Buktikan Garuda Bisa Juara!

(Mk/rah/detik)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.