Kapolri Tinjau Lokasi Jatuhnya Pesawat Skytruck

Kapolri saat memberikan keterangan
Kapolri saat memberikan keterangan

Lingga, (MK) –  (Senayang) – Kapolri Jenderal Polisi (Jend. Pol) Tito Karnavian didampingi Kapolda Kepri, Gubernur Kepri, Bupati dan Wabup Lingga serta pejabat tinggi Polri dan TNI lainnya tinjau langsung lokasi jatuhnya pesawat Sky Truck M-28 di perairan pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga pada hari ke-6 pasca kecelakaan.


Dalam tinjauan tersebut, Jend. Pol Tito Karnavian yang datang menggunakan Helikopter sampaikan proses evakuasi pesawat akan terus dilanjutkan hingga hari ke-10.

“Proses evakuasi akan tetap berlanjut sampai hari ke-10. Karna banyaknya temuan-temuan dari tim evakuasi mengenai pesawat tersebut ditambah lagi temuan dari tim penyelam bawah laut hingga masuk hari ke-6 ini, ” Kata Kapolri Jend. Pol Tito Karnavian, Kamis (08/12).

 

Dia mengatakan proses evakuasi yang sudah dilakukan baik itu dari Basarnas, TNI, Polri, Pemda Lingga dan Masyarakat sudah sangat membantu dengan sangat baik.

 

“Saya kira sebagian besar sudah didapatkan, tapi dari pengakuan saksi mata sudah jelas penyebabnya itu mungkin gangguan mesin sehingga jatuh kelaut kemudian meledak, ” ujar Tito 

 

Mendengar keterangan beberapa saksi dari masyarakat itu dirinya  menyimpulkan kemungkinan pesawat tersebut meledak, sehingga wajar kondisi pesawat terlihat berkeping-keping.

 

“Karna meledak otomatis puing-puing pesawat terpencar dan sebagian sudah hanyut, sebagian lagi diduga masih ada didalam laut, tapi sebagian lagi sudah ditemukan oleh tim,” kata Tito

Dirinya menganggap hal ini merupakan insiden dan musibah khususnya bagi kop Bhayangkara.

 

“Ini musibah bagi Polri dan mudah-mudahan tentunya kita harapkan masih berlanjut evakuasinya meskipun kemungkinan korban selamat sangat kecil tapi kita akan berusaha dan terus berusaha untuk menemukan korban,” sebutnya.

 

Pejabat tertinggi Polri itu juga mengungkapkan untuk korban dan keluarga yang mendapat musibah tersebut, akan diberikan perhatian khusus berupa tanda jasa karna meninggal dalam tugas negara. Meskipun begitu dirinya berharap agar masih ditemukan korban yang selamat.

 

“Otomatis Polri akan memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mereka yang gugur dalam bertugas. Penghargaan nanti apakah kenaikan pangkat atau apa, namun yang paling penting kita akan beri perhatian kepada keluarganya nanti,” ungkapnya.

 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga meminta penjelasan dari Basarnas terkait perkembangan proses evakuasi jatuhnya pesawat tersebut hingga masuk hari ke-6, Kamis (08/12).

Setelah mendapat penjelasan terkait perkembangan evakuasi dari Basarnas, Tito Karnavian menuju ke dua orang saksi mata terkait kronologis jatuhnya pesawat. Kedua saksi tersebut mendapat sagu hati dari Kepolisian RI. Setelah itu, Tito langsung meninjau langsung titik lokasi jatuhnya pesawat Skytruck N 28 di perairan pulau Sebangka dan Kentar menggunakan kapal Very Batam 3 dan pada pukul 11 siang menuju pelabuhan Punggur, Batam. (mk/arpa)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.