Astronot Pertama Amerika Serikat Meninggal

astronotJAKARTA (MK) – John glenn, Astronot Amerika pertama yang mencapai orbit Bumi, meninggal dunia pada usia ke-95. Glenn meninggal di rumah sakit di Ohio, Amerika Serikat. Jasad Glenn rencananya akan dikebumikan di Airlington National Cemetery, Virginia.Negeri Paman Sam itu kini bersedih atas meninggalnya Glenn.  Kolega, teman, ilmuwan, politikus dan pejabat, menyampaikan duka kehilangan sosok bersejarah dalam dunia antariksa AS.

Duka membanjiri Twitter dan media sosial lainnya. Salah satu yang mengucapkan duka yaitu Presiden AS Barack Obama dan Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Glenn tersohor ketika ia berhasil mengelilingi Bumi pada 1962 menggunakan kapsul Friendship 7. Selama masa hidupnya, Glenn tak hanya mengurusi soal antariksa. Pada tahun 1974, ia menjadi politikus dari Partai Demokrat dan terpilih menjadi Senat AS yang ia pegang selama 24 tahun lamanya.

Bahkan, Glenn yang meraih enam penghargaan Distinguished Flying Crosses ini sempat menjadi pilot pesawat tempur dengan bertugas di Perang Dunia II dan Perang Korea, sebelum ia bergabung dengan NASA. Selama dua konflik tersebut, Glenn berhasil menjalankan 150 misi.

Bergabung dengan NASA, prestasi Glenn semakin mentereng dengan ia menjadi astronot yang meluncur di Cape Canaveral pada 20 Februari 1962. Glenn menghabiskan sekitar lima jam di luar angkasa dan mampu mengelilingi dunia tiga kali. (mk/mun/vv)