Warga Keluhkan Jalan Pintas Menuju Sebuton Tak Bisa Dilalui

img_20161208_192830
Bujang Susang (40)

Natuna (Marwahkepri.com) – Warga Sebuton, desa Mekar Jaya, kecamatan Binguran Barat, mengeluhkan buruknya kondisi jalan pintas dari simpang Pian Tengah menuju dusun Sebuton. 

Kondisi jalan tanah dan belum pengerasan sepanjang kurang lebih 3 km ini selalu menjadi alternatif bagi warga untuk keluar dan masuk kampung. Sayang dimusim hujan seperti ini tidak bisa dilalui, terlalu berisiko jika dipaksakan.

Selain licin, jalan pintas handalan masyarakat setempat ini juga membahayakan, karena banyak jalur menanjak dan turunan curam. Akibatnya warga terpaksa melewati jalur lain yang lebih jauh.

“kalau musim hujan begini tak bisa dilalui, sekarang tidak ada masyarakat yang lewat jalan pintas itu”, ujar Bujang Susang, warga Sebuton, di kantor Bupati Natuna, Kamis (8/12).

Dimusim penghujan seperti ini, mau tidak mau warga Sebuton yang hendak keluar kampung menuju daerah lain, harus melalui jalan dari desa Pian Tengah. Jalur ini satu-satu alternatif lain, jika jalan pintas tak bisa dilalui.

Padahal kata Bujang, kalau jalan pintas kondisinya bagus, bisa memangkas perjalanan sekitar 3 km. Sedangkan melalui jalan Pian Tengah sudah pasti lebih jauh sekitar 5 km.

Pekerja serabutan dan tidak menentu ini mengatakan, keberadaan jalan pintas sebenarnya sangat membantu masyarakat. Pasalnya, waktu dalam perjalanan lebih singkat ketimbang melalui jalan Pian Tengah.

“Jalan pintas itu sangat membantu pak, karena lebih dekat, kalau mau ke Ranai dari jalan itu biasanya 1 jam, tapi kalau lewat Pian Tengah lebih lama lagi”.

Bujang berharap agar pemerintah daerah bisa menyelesaikan persoalan jalan ini. Kalau tidak bisa diaspal dalam waktu dekat, dengan pengerasan pun sudah bisa dilalui lagi.

Pria kelahiran 40 tahun silam ini mengaku, bersama rekannya sengaja datang ke kantor Bupati untuk bersua dengan Bupati Hamid Rizal. Sebelumnya sudah ada janji dengan orang nomor satu di Natuna ini.

Sebelumnya, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti sudah melihat langsung kondisi jalan ini, ketika hendak meninjau proyek CSR di Sebuton. Ia berjanji akan mendorong dinas PU untuk mengupayakan perbaikan.

Jika tidak memungkinkan melalui APBD Natuna, bisa saja mengupayakan dari dana Kementerian pusat. (Nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.