Moratorium Ujian Nasional Ditunda

logo-ujian-nasional

Jakarta (Marwahkepri.com) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi Rabu pagi memimpin sidang kabinet Paripurna di kantor Presiden. Dengan salah satu agenda yang menjadi pembahasan adalah evaluasi pelaksanaan ujian nasional (UN).

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan, rencana pemerintah untuk melaksanakan moratorium ujian nasional pada 2017 akhirnya ditunda.

“Ya hasilnya usulan moratorium itu tidak disetujui, tapi disuruh kaji ulang,” ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/12). Presiden Jokowi, ia menambahkan, ingin ada kajian lebih mendalam terkait rencana moratorium ujian nasional tersebut.

Saat ini, JK menjelaskan,ujian nasional masih dibutuhkan untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan secara nasional. Evaluasi sistem pendidikan secara nasional justru dapat dilihat dari hasil ujian nasional.

“Tanpa ujian nasional bagaimana bisa mendorong bahwa kita pada tingkat berapa, dan apa acuannya untuk mengetahui bahwa dari ini kemudian nanti tanpa ujian nasional,” jelas JK.

Menurut JK, belum ada sistem yang bisa mengukur pemerataan pendidikan di Indonesia selain ujian nasional. Tentunya, ia menambahkan, dengan soal-soal yang ada pada ujian nasional.

“Harus dengan soal yang hampir sama harus diketahui, oh Jawa begini, Sulawesi begini, Kalimantan bagaimana. Baru bisa. Kalau tanpa itu bagaimana caranya,” tutup JK.(mk/as/lp)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.