Menteri : Penenggelaman Kapal belum Membuat Efek Jera

Menteri Kelautan dan Perikinan, Dr. (HC) Susi Pudjiastuti
Menteri Kelautan dan Perikinan, Dr. (HC) Susi Pudjiastuti

Jakarta(Mk)-Dua tahun diberlakukan sanksi keras berupa penenggelaman kapal, rupanya belum membuat efek jera bagi sejumlah pemilik kapal asing yang mencuri ikan di Indonesia.
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengungkapkan sejak 17 Agustus sampai saat ini saja, tercatat sudah 122 kapal asing yang kembali ditangkap karena kedapatan mencuri ikan ilegal di perairan Indonesia.

“Totalnya sudah 122 kapal yang ditangkap sejak 17 Agustus 2016. Ini bukan jumlah yang sedikit, terbukti bahwa pencurian ikan masih sangat banyak meski sudah ada sanksi tegas penenggelaman kapal,” kata Susi di kantornya, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Kamis (8/12).

Beberapa kapal sitaan tersebut, menurut Susi, sudah ditenggelamkan. Kapal-kapal ikan tersebut ditangkap oleh TNI AL sebanyak 46 kapal, PSDKP 58 kapal, Polair 14 kapal, dan Bakamla 4 kapal.

“Kita nggak publish penenggelaman kapal-kapal itu. Makanya untuk memberi efek, rasanya kita perlu publish lagi. Bendera kapalnya macam-macam, ada yang dari negara ASEAN dan Mediterania. Itu jumlah yang cukup besar sekali, meski memang yang tangkap akhir-akhir ini bukan pemain besar,” ujar Susi. (Mk/rah/detik)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.