Kehadiran Pelindo Stabilkan Harga Sembako dan Bapen

natuna-kapal-tol-laut-yang-melayani-rute-jakarta-natuna-untuk-mengatisipasi-kelangkaan-sembako
Tol laut pasok sembako ke Natuna

Natuna (Marwahkepri.com) – Kehadiran Pelindo di Natuna untuk mensuplai segala kebutuhan, baik sembako dan barang penting (bapen) lainnya, secara perlahan harga barang akan stabil. Demikian disampaikan Kabid Perdagangan Diaperindag Natuna Wan Endriko, Rabu (2/12).

Pria yang akrab disapa Eko ini mengatakan, sejak beberapa bulan lalu, PT. Pelindo telah menunjuk PT. MTI (Multi Terminal Indonesia) sebagai pemasok keperluan Natuna. Perusahaan ini menjadikan Pelabuhan Selat Lampa sebagai base camp.

”Ya betul, stabilitas pangan dan barang keperluan Natuna sudah mulai tegak. Sembako dan Bapen Natuna sudah mulai stabil. PT MTI sudah mulai beroperasi di bekas base PT. Altus di Selat Lampa. Gudang mereka di sana”, ujar Eko di kantornya.

Ia menjelaskan, kestabilan itu berada di dua sisi yakni di sisi keberadaan dan ketersediaan barang keperluan Natuna. Sehingga kelangkaan yang biasa dialami di Natuna bisa diatasi.

Kestabilan selanjutnya berada di sisi harga barang sehingga fluktuasi harga yang ekstrem juga bisa diantisipasi sejak dini.

Eko melanjutkan, saat ini perubahan keadaan sudah mulai terasa berkat kehadiran PT. MTI. Harga beberapa komoditi di Natuna sudah mulai berangsur distabilisasi terutama sekali barang-barang yang sudah dimuat ke Natuna.

”Ini baru tahap awal. Barang-barang yang sudah didatangkan mulai distabilisasi seperti gula, beras, mie goreng, air mineral dan lain sebagainya. Untuk harga gula yang semula Rp 17 ribu/Kg kini sudah turun menjadi Rp14 ribu/Kg. Begitu juga dengan harga barang lainnya untuk ke depan,” terangnya.

Guna memaksimalkan upaya ini, PT. MTI telah menggelar sosialisasi di sejumlah pelaku usaha di Natuna seperti di Sedanau Kecamatan Bunguran Barat, Tanjung Kumbik, Tanjung Batang, Serantas, Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga dan Batubi Kecamatan Bunguran Batubi.(Nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.