Gubernur Nurdin Minta Pusat Prioritaskan Kepri

pro-kepri-nurdin-minta-priotaskan-infrastruktur-di-kepri1Batam (Marwahkepri.com) – Dalam perbincangan dengan Sekjen Kementerian PUPR Prof Anita, Gubernur Kepri Nurdin Basirun di rusun Tanjungpiayu, Batam meminta pembangunan infrastruktur di seluruh daerah di Kepri menjadi prioritas. Terlebih lagi untuk daerah-daerah perbatasan.

Gubernur juga menyampaikan pentingnya koordinasi dengan daerah. Agar pembangunan yang dilakukan benar-benar yang menjadi skala prioritas terlebih dahulu.

”Biar masyarakat langsung merasakan manfaatnya. Apalagi infrastruktur mendukung proses pergerakan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Nurdin.

Sebelumnya dalam acara Sosialisasi Petunjuk Tekhnis (Juknis) dan Konsultasi Program DAK Fisik Bidang Infrastruktur Tahun Anggaran 2017, Rabu (23/11) di Hotel Harmanoni One, Sekdaprov TS. Arif Fadillah mengharapkan adanya sinkronisasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang infrastruktur.

Hal ini agar penyerapan dana bisa optimal tanpa masalah. Tahun 2017 nanti DAK fisik untuk Provinsi Kepri naik 20 persen. Acara yang dihadiri seluruh Pejabat, Kepala Bappeda, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum se-Sumatera ini dibuka oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPK), Prof. Anita Firmanti.

”Kami sangat mengharapkan sekali melalui acara sosialisasi tekhnis DAK ini untuk daerah bisa terserap secara efektif dan optimal. Lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

Menurut Arif, pembangunan infrastruktur di daerah sangat bergantung pada pengalokasian DAK. Karena dana tersebut diperuntukan untuk pembangunan jalan, air minum bersih, sanitasi, perumahan dan pemukiman.

Daerah, kata Arif tidak akan sanggup menyediakan insfrastruktur tersebut dengan dana dari pemerintah daerah sendiri. Maka itu, Arif mengajak untuk meningkatkan pelayanan agar serapan DAK di daerah bisa maksimal.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jendral (Sekjen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Prof Anita Firmanti menegaskan prioritas pemerintah pusat sampai hari ini masih tetap sama terhadap kemajuan daerah, yakni fokus pada pembangunan infrastruktur.

Seperti jalan, air bersih, sanitasi, perumahan dan pemukiman, derigulasi, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, pemerintah pusat dalam Kepemimpinan Presiden Joko Widodo sangat memberikan perhatian lebih untuk pembangunan infrastruktur, perbaikan deregulasi dan peningkatan SDM. Maka itu, pemerintah pusat juga sangat mengharapkan kerjasama dan keseriusan daerah dalam merealisasiman DAK tersebut.

”Apalagi untuk daerah-daerah Kepulauan seperti Provinsi Kepri ini, begitu sangat membutuhkan DAK hampir disemua sektor fisik,” jelasnya.

Anita juga menganjurkan kepada daerah agar penyerapan DAK optimal yakni dengan melakukan pelelangan dini atau lebih awal sebelum DAK cair, menerapkan Juknis yang aplikatif yakni sesuai kondisi lapangan, dan dilakukan secara online sehingga tak ada transaksi apapun.(mk/Tpi)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.