Masyarakat Natuna Antusias Saksikan Pameran Alutsista TNI AD

pameran-alutsista-tni-ad
Pameran Alutsista TNI AD

Natuna (Marwahkepri.com) – Usai sukses menjalankan misi Latihan Taktis Antar Cabang tahun 2016 di Tanjung Datuk dan Teluk Buton, Natuna. Komando Latihan (Kodiklat) TNI AD mengadakan Pameran Alutsista (persenjataan) di pantai Kencana, Ranai, mulai hari ini Selasa (15/11).

Kapenrem 033/WP Mayor (Inf) Abdul Roni Sipahutar mengatakan, pameran ini akan dilaksanakan selama dua hari kedepan. Namun jika ada permintaan resmi dari pemerintah daerah dan mendapat restu dari pimpinan, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan waktu.

Dijelaskannya, kegiatan ini diprakarsai oleh Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto. Tujuan pelaksanaan pameran untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang karakteristik senjata yang digunakan selama latihan Ancab.

Seluruh jenis peralatan tempur dipamerkan di pantai Kencana, terkecuali helikopter. Senjata berat terdiri dari, Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV, Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa, Meriam 23 MM/GB, Meriam 76 MM, Meriam 105 MM, Meriam 155 MM, Roket Atros, Mortir 81.

“semua jenis alutsista yang kita bawa dipamerkan disini, terkecuali helikopter. Rencananya memang dua hari kedepan, tetapi kalau ada perminta resmi dari pemerintah setempat, nanti akan kita sampaikan kepada pimpinan”.

Pantauan Marwahkepri.com dilapangan, Selasa pagi sekitar pukul 08.00 WIB, ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SLTA tampak tengah asyik menyaksikan pameran. Mereka kelihatan senang berfoto-foto dengan latar belakang alat tempur, bahkan sebagian ada yang diajak keliling menaiki beberapa alutsista.

Resi dan Silawati, siswi kelas XII SMAN 1 kecamatan Bunguran Timur Laut, mengaku sangat senang dengan adanya pameran ini. Dengan mengendarai sepeda motor, mereka sengaja datang ke pantai untuk melihat langsung peralatan tempur milik bangsa ini.

Selama dua hari ini pihak sekolah memang mengizinkan siswa mengunjungi pameran, hanya saja tetap ada proses absensi di sekolah.

“kami dari Tanjung naik motor kesini bg, memang dari sekolah dikasih izin selama dua hari. Tetapi kami tetap harus mengisi absensi di sekolah”.

Randi, siswa kelas III SD Sungai Ulu, kecamatan Bunguran timur, juga mengatakan hal senada, ia dan kawan-kawannya merasa senang dengan adanya pertunjukan ini.

“kami senang sekali om, bisa foto-foto, dan naik Tank, tadi kami pergi sama-sama dari sekolah sama guru juga”, ujar Randi saat keliling menaiki mobil angkut meriam.

Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Tabrani mengatakan, pameran alutsista ini merupakan kesempatan langka. Karenanya siswa memang sengaja diliburkan Fakulatatif untuk memberikan pelajaran bagi siswa.

Siswa SD, SMP dan SLTA sederajat se pulau Bunguran memang sengaja diliburkan selama dua hari ini. Akan tetapi jika pihak sekolah dari pulau yang dekat dengan Ranai juga ingin berpartisipasi, pihak Dinas Pendidikan akan mempersilahkan.

“iya ini memang siswa SD, SMP dan SMS sengaja libur Fakultatif, hanya untuk pulau Bunguran besar saja. Kalau dari pulau yang dekat, misalnya Sedanau ingin melihat juga, silahkan menghubungi kita”.

Pada Kesempatan itu, Dankodiklat TNI AD, Letjend TNI Agus Kriswanto berkesempatan meninjau secara langsung pameran dan foto bersama dengan anak sekolah.(Nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.