Pilkades Natuna Memasuki Tahapan Kampanye

indra-joni
Kepala BPMPD Indra Joni

Natuna (Marwahkepri.com) – Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Natuna akan diikuti 29 desa pada tanggal 27 November nanti. Berbagai persiapan mulai dari tahapan penjaringan dan penyeleksian calon kades sudah dilaksanakan.

Tidak lama lagi tahapan kampanye calon kades akan bergulir. Untuk Natuna masing-masing desa ditetapkan maksimal 5 calon dan minimal 2 calon kades, apabila calon lebih dari 5 orang maka ada proses berikutnya untuk pengerucutan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Natuna, Indra Joni mengatakan, untuk Pilkades di Natuna menggunakan persyaratan minimal tamatan SLTP sederajat bagi calon kades. Bagi calon berijazah dibawah SMP tidak bisa mengikuti pemilihan.

“Tahapan pendaftaran calon dan Verifikasi calon kades sudah dilaksanakan, calonnya minimal tamatan SLTP sederajat, setelah ini selesai tahapan berikutnya adalah tahapan kampanye, maksimal 5 calon minimal 2 calon”, ujar Indra Joni di gedung Sri Serindit, Senin ( 7/11 ).

Kata Joni, pilkades sekarang sedikit berbeda dengan sebelumnya, kali ini para calon kades diwajibkan mengisi lampiran formulir daftar harta kekayaan, mengacu kepada nasional. Hanya saja berkas yang diisi tidak sedetailnya, isian dibuat lebih ringkas.

“iya, pilkades kita kali ini di Natuna ada persyaratan tambahan, untuk mengisi formulir lampiran harta kekayaan, namun meski kita mengacu kepada nasional, tetap di daerah kita buat lebih ringkas, yang diisi hanya pokok-pokoknya saja”.

Pilkades Natuna gelombang pertama akan berlangsung bulan November ini. Bupati Natuna Hamid Rizal pada kesempatan lain mengharapkan, agar masyarakat memilih kepala desa yang berkualitas dan mengutamakan kepentingan warga.

“pilkades akan berlangsung bulan ini, untuk itu saya harap masyarakat memilih kades berkualitas dan bisa mengakomodir aspirasi masyarakat”, ujar Hamid belum lama ini di Serindit.(Nang)