Ngesti : Selama Ancab Anak-anak Teluk Buton Tetap Belajar

ilustrasi-anak-sekolah-sedang-belajar
Ilustrasi – Anak sekolah sedang belajar

Natuna (Marwahkepri.com) – Puluhan anak sekolah dasar (SD) dan sekolah usia dini (Paud) di desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara belajar dan bermain bersama di gedung aula kantor desa Pengadah Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Belajar sambil bermain bersama itu dilakukan untuk mengisi waktu libur anak-anak selama berada di tenda milik TNI AD, ketika latihan Ancab berlangsung dalam waktu dekat.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, selama dilaksanakannya latihan antar kecabangan (Ancab) TNI AD di desa Teluk Buton, seluruh warga desa Teluk Buton di evakuasi ke tenda milik TNI AD yang dibangun di halaman kantor desa Pengadah.

Dengan adanya evakuasi tersebut, segala aktifitas masyarakat berhenti total termasuk kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu Pemkab Natuna mengambil inisiatif mendatangkan guru indonesia mengajar dan mobil perpustakaan keliling ke lokasi pengungsian agar anak-anak bisa berlajar dan bermain selama berada ditenda pengungsian.

“Selama berada di tenda, anak-anak peserta didik tetap bisa mendapat pendidikan dari guru indonesia mengajar. Kita juga siapkan mobil perpustakaan keliling. Dengan begitu anak-anak bisa terus belajar sambil bermain bersama,” kata Wabub Ngesti di gedung Sri Srindit, Ranai, Senin (7/11).

Kata Ngesti, anak-anak yang berada di tenda milik TNI AD harus tetap mendapatkan hak nya untuk belajar dan bermain. “Saya pantau terus setiap hari soal aktifitas anak-anak di sana. Kita ajak mereka bermain, belajar, baca buku serta berinteraksi dengan pasukan TNI AD. Ya siapa tau nanti mereka bisa termotifasi untuk jadi tentara,” papa Ngesti.

Terpisah Komandan Kodim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana membenarkan bahwa anak-anak desa Teluk Buton yang di evakuasi ke tenda TNI AD mendapat pendidikan dari guru indonesia mengajar.

“Mereka juga bisa membaca buku pelajaran yang disediakan oleh mobil perpustakaan kelilin. Pokoknya kita upaya senyaman mungkin buat anak-anak selama berada di tenda,” tutupnya.(mk/bk)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.