Bupati Natuna Buka Seminar Tamadun Melayu “Silaturahmi Negeri Serantau”

bupati-natuna-hamid-rizal-pada-acara-seminar
Bupati Natuna Hamid Rizal pada acara seminar

Natuna (Marwahkepri.com) – Bupati Natuna, Hamid Rizal membuka secara resmi acara Seminar Internasional Tamadun Melayu dan Transformasi Masyarakat Ekonomi Asean, Minggu (29/10) pagi di Ruang Asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utaraku (NGU) Ranai.

Dalam kesempatan itu, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti Ketua DPRD Natuna Yusripandi, serta duta adat melayu serumpun dari beberapa negara tetangga.

Dalam sambutannya, Hamid Rizal menyampaikan bahwa seminar ini memiliki makna yang sangat berarti karena memiliki relevansi dan sejalan dengan visi dan misi pembangunan daerah lima tahun kedepan, yaitu selain sebagai media silaturrahmi, kegiatan ini juga mengangkat tema”mewujudkan masyarakat Natuna yang cerdas, mandiri dan berkeadaban dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan”

Lanjut Hamid, kegiatan ini juga untuk mendukung percepatan pembangunan Natuna yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui optimalisasi sektor perikanan dan maritim, pariwisata, migas, pertahanan dan keamanan serta lingkungan hidup, hendaknya dicapai dengan mensinergikan upaya tersebut dengan pembangunan panutan budaya melayu sebagai landasan.

Pada kesempatan sama Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, H. Umar,S.Pd.I menyampaikan bahwa Kabupaten Natuna sudah melakukan kerjasama dengan empat lembaga untuk kajian budaya diantaranya, Gampena Malaysia, Universitas Brunei Darussalam, Persatuan Penulis Johor dan Sangla University dengan tujuan untuk mempererat silaturrahmi dan mewujudkan tamadun melayu sebagai kekuatan moral dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu pula, terang Umar hal tersebut dimaksud untuk mempersiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mengarah kepada pertumbuhan sektor ekonomi dan perdagangan bagi masyarakat Kabupaten Natuna khususnya.

Seeminar ini dihadiri 150 peserta yang berasal dari perwakilan negeri serumpun: Brunei Darussalam, Singapura, malaysia, Thailand dan tuan rumah/Masyarakat Kabupaten Natuna.(Humas)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.