29 Desa Di Natuna Ikuti Pilkades Serentak November Ini

img_1726
Tampak spanduk sukseskan Pilkades Natuna

Natuna (Marwahkepri.com) – Sebanyak 29 desa di Kabupaten Natuna akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di bulan November ini. Pilkades serentak terlaksana setelah diparipurna dan diperdakan oleh legislatif beberapa waktu lalu.

Pada gelombang pertama, 29 desa akan memilih pemimpin baru secara bersamaan pada tanggal 27  November tahun 2016 ini. Sebelumnya, telah dilaksanakan pendapaftaran calon kepala desa pada tanggal 12 – 20 Oktober.  Dari pantauan media ini, calon kades di masing-masing desa tidak lebih dari tiga orang.

Dari 15 kecamatan yang ada di Natuna, tahap pertama ini akan dilaksanakan Pilkades sedikitnya di 9 kecamatan, diantaranya Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran selatan, Bunguran Batubi, Serasan, Bunguran Utara, Pulau Tiga, Subi, Bunguran Tengah.

Adapun desa berpartisipasi mengikuti Pilkades diantaranya, Desa Sebelat, Air Putih, Batu Belanak, Air Kumpai, Mekar Jaya, Semedang, Kampung Hilir, Tanjung Setelung, Sungai Ulu, Sepempang, Kelarik, Belakang Gunung, Gunung Durian, Seluan Barat, Subi Besar, Meliah, Pulau Kerdau, Subi Besar Timur, Meliah Selatan, Kadur, Selading, Ceruk, Selemam, Harapan Jaya, Cemaga Tengah, Arung Ayam, Payak, dan Air Ringau.

Pilkades di Natuna mengusung tema “Jaga Solidaritas, Keamanan dan Ketentraman Ciptakan Pilkades Damai, Pilih Pemimpin Yang Berkualitas”. Sayangnya dalam spanduk Ayo sukseskan Pilkades Natuna yang dipasang pemerintah tertulis 29 desa, akan tetapi jumlah desa tertera hanya 28 desa.

Panitia pemilihan kepala desa Harapan Jaya, kecamatan Bunguran Tengah, Iskandar Pohan mengatakan, didesanya sudah dijaring calon kepala desa sebanyak 3 orang. Persyaratan calon kades kali ini harus melampirkan daftar harta kekayaan.

“kalau di desa kami calon mendaftar hanya 3 orang, saya lihat desa lain pun tidak ada yang lebih dari tiga calon, sedangkan pendidikan minimal SMP. Nah kali ini persyaratan tambahannya para calon juga harus melampirkan daftar harta kekayaan”, ujar pohan, Kamis (3/11) ketika dikonfirmasi via telpon.(Nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.