Jelang Latihan Ancab, Multi Alutsista TNI AD Dikerahkan ke Natuna

alutsista-tank-leopard-melintasi-pemukiman-warga
Tank Leopard saat melintasi kota Ranai, Natuna.

Natuna (Marwahkepri.com) – Menjelang latihan Antar Cabang (Ancab) dikabupaten Natuna, TNI AD melakukan persiapan dengan mengerahkan alutsista besar-besaran ke Natuna, mulai dari satuan Infantri, Arhanud, satuan angkut dan sejumlah tank berlapis baja, sudah tiba dipulau Natuna, sebagai persiapan unjuk kekuatan tempur milik TNI AD di daerah terdepan NKRI.

Natuna dipilih sebagai lokasi, latihan Ancab oleh TNI AD dengan berbagai pertimbangan, selain letak geografis yang sangat strategis, berada dipulau terdepan dan dihapit oleh sejumlah negara dilaut Cina Selatan. Natuna juga merupakan simbol kedaulatan NKRI diperbatasan dan tengah negara Asen.

Dandim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana menyebutkan kedatangan puluhan tank berlapis baja dan peralatan tempur milik TNI AD ke Natuna dalam rangka persiapan latihan antar cabang (Ancab) rencananya akan dilaksanakan awal bulan November tahun 2016. Jadawal latihan Ancab rencananya akan berlangsung awal bulan November 2016 nanti, ujarnya di Ranai kepada awak media, Rabu (26/10).

Diterangkanya, dalam satuan TNI AD ada 15 cabang satuan tempur, seperti pasukan Infantri, Arhanud, Armed, Kavileri dan sebagainya. Semua satuan cabang ini, akan terlibat dalam latihan ancab nanti, rencananya latihan tersebut akan disaksikan langsung oleh pak Presiden dan 34 Gubernur se-Indonesia.

“Ini baru rencana, kepastiannya setelah mendekati tanggal hari H, mudah-mudahan pak presiden datang lagi ke Natuna untuk melihat latihan Ancab, seperti beberapa waktu lalu presiden lihat langsung latihan puncak angkasa yuda di Natuna” , tuturnya.

Saat ini, jelas Dandim alutsista berupa tank leopard 14 unit, sudah sampai di Natuna, rencana 17 tank leopard akan dikirim untuk latihan ancab. Selain itu, ada juga tank Rangkur M113 12 unit. Meriam Caesar 155 2 unit meriam 105 3 unit, meriam 76 6 pucuk. Meriam arhanud 3 unit. 2 unit Astros, menyusul nanti dalam perjalanan ada leopard, tank Marder (anaknya leopard).

Sambungnya, dalam latihan ancab nanti, diperkirakan akan melibatkan 3.000 personil, saat ini persiapan hampir mencapai 40 persen. Pengiriman alutsista dan personil terus dilakukan menggunakan armada angkut kapal perang dari Jakarta.

“Mudah-mudahan dalam kurun waktu tiga minggu kedepan persiapan sudah rampung, sebab dari Jakarta ke Natuna butuh waktu 8 hari pulang pergi (PP), pengiriman alutsista berupa tank dan alat tempur lainya, membutuhkan waktu, karena jarak Natuna ke Jakarta lumayan jauh”.

Dalam pagelaran latihan Ancab TNI akan membuat surat edaran kepada pemerintah setempat, tentang pemberitahuan pelaksanaan kegiatan latihan. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan latihan tersebut dipersilahkan dengan panduan tim TNI AD.

Selain itu, Letkol Ucu Yustiana juga menyampaikan, pihak TNI juga akan memberikan kompensasi terhadap lahan warga, yang terkena dampak dari latihan Ancab itu. Jika ada warga dirugikan, misalnya kebun mereka terkena lintasan peralatan perang akan diberikan kompensasi berupa ganti rugi, tutupnya.(Nang/dn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.