PERKI Adakan Pelatihan Advanced Cardiac Life Support di Natuna

bupati-natuna-hamid-rizal-menjamu-tim-perki-di-ruang-vip-lanud-ranai
NATUNA (MK) – Tim cabang Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler (PERKI) Batam dan Pusat mengadakan pelatihan Advanced Cardiac Life Support di Natuna. Kedatangan Tim disambut Bupati Natuna Hamid Rizal, di bandara Lanud Ranai, Sabtu (15/10).

Ketua Dokter Spesialis Jantung Kepri, Afdalun Hakim mengatakan, pelatihan ini pertama kalinya digelar di Natuna. Pelatihan ini dilaksanakan mengingat Natuna merupakan salah satu bentuk perhatian khusus untuk Natuna.

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan negara-negara eropa. Bedanya di Eropa memiliki fasilitas medis lengkap dan modern, sedangkan di Indonesia belum mumpuni.

“kami diundang dr.Aga, untuk melaksanakan pelatihan advanced cardiac life support. Ini pertama kali dilaksanakan di natuna, terdiri dari cabang Batm dan pusat, sebagai bentuk perhatian khusus untuk natuna”.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari di Rumah Sakit dan Puskesmas se Natuna, para tenaga medis akan dibekali pengetahuan dasar memberi pertolongan terhadap pasien terkena serangan jantung.

Menurutnya, pelatihan akan menggunakan metode American Heart Assosiation (metode asosiasi jantung negara Amerika) yang terbaru tahun 2015. Dengan menggunakan metode ini, para medis akan bisa menangani pasien dari awal hingga selesai.

“pelatihan ini selama 3 hari, secara teori dan praktek sekaligus, diberikan knowledge dan skill melakukan pertolongan ini pada orang henti jantung. Menggunakan metode american heart asossiation”.

Sementara itu, Bupati Natuna Hamid Rizal ketika menjamu mereka di ruang VIP bandara Lanud Ranai mengatakan, kegiatan ini merupakan pelatihan tentang kegawatan jantung di pulau perbatasan seperti Natuna.

Pemkab Natuna mendukung penuh kegiatan ini, agar petugas-petugas medis yang bertugas di Natuna memiliki banyak ilmu tentang darurat masalah jantung.”kita Pemda sangat mendukung, karena ini sangat penting”. (mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.