Kapolres Natuna: Narkoba Masuk Melalui Jalur Laut

Ilustrasi - Narkoba yang diangkut lewat jalur laut.
Ilustrasi – Narkoba yang diangkut lewat jalur laut.

NATUNA (MK) – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Natuna, AKBP, Charles Panuju Sinaga mengakui jika narkotika jenis sabu-sabu masuk Natuna melalui jalur laut dengan mengunakan kapal-kapal penumpang dan juga kapal barang.

“Tak dipungkiri jika narkotika beredar di Natuna masuk melalui jalur laut. Mereka mengunakan kapal penumpang seperti Bukit Raya dan lainnya termasuk dengan kapal barang,” sebut Kapolres.

Kenapa dengan kapal terang dia dikarenakan lemahnya pengawasan oleh aparat keamanan seperti Bea Cukai dan Kepolisian. Selain itu juga tak didukung alat pendeteksi seperti ekstray.

“Di kapal itu kan tak ada eksraynya, juga tak didukung oleh aparat keamanan baik dari bea cukai maupun dari kepolisian,” terang dia.

Hanya saja sambung dia dalam mengungkap kasus narkoba di wilayah hukum Polres Natuna, saat ini mengandalkan informasi dari warga termasuk informen dari daerah luar Natuna.

“Kita tak bisa berbuat banyak, karena tak didukung oleh anggota yang cukup juga tak dilengkapi oleh alat ekstray. Kita hanya mengandalkan informasi dari warga dan informen saja sekarang ini,” sambung dia.

Kapolres meminta kepada warga untuk peduli akan lingkungan sendiri. JIka ada yang mencurigakan terkait peredaran narkotika, diminta untuk melaporkan ke polisi setempat.

“Tanpa bantuan warga narkotika ini sulit di berantas, maka dari itu kepedulian kita terhadap yang dilarang ini tak terlepas dari peran kita semua, baik warga maupun aparat keamanan,” jelas kapolres.

Kaolres menyinggung terhadap penangkapan Susanto alias Anto (33) warga desa Tanjung Ilir, Kecamatan Pontianak Timur, Kalimantan Barat sehari-hari berkerja sebagai buruh bangunan yang ditangkap Satuan Resnarkoba Polres Natuna, Senin (10/10) lalu dipelabuhan Selat Lampa.

“Penangkapan ini salah satu yang terbesar yang pernah dilakukan oleh Polres Natuna,” kata dia. (mk/nang/mz)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.