Ngesti Yuni Suprapti Buka Acara Pembinaan Pramuka MTD

photo-bersama
Photo bersama dengan wakil bupati

Natuna (Marwahkepri.com) – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti membuka kegiatan Kursus Pembinaan Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) gerakan Pramuka Natuna, Kemarin siang di RM Sisi Basisir Ranai.

Dalam kesempatan itu, Ngesti menyebutkan, pada Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 ditegaskan bahwa kepramukaan adalah kegiatan ekstrakurikuler wajib disekolah sebagai upaya untuk menjadikan Gerakan Pramuka sebagai wadah membangun karakter generasi muda, lebih kereatif dan mencintai alam.

Malalui kegiatan pramuka, anak-anak lebih kreatif dan mempelajari alam, sebab Pramuka merupakan salah satu kegiatan sangat dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Banyak ilmu pengetahuan diperoleh melalui pelatihan Pramuka, yang berguna sebagai bekal bagi anak-anak untuk menyongsong masa depan lebih baik.

Saat ini, terang Ngesti perubahan zaman serta tuntutan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing merupakan sebuah keniscayaan, harus dimiliki oleh setiap generasi penerus. Oleh karenanya upaya membentuk SDM yang berkualitas harus dapat diupayakan dalam rangka membekali diri bagi para generasi muda.

“Kemajuan zaman menuntut kita, memiliki kualitas serta kemampuan berdaya saing, agar bisa menghadapi tantangan zaman kian berkembang pesat setiap waktunya.”

Untuk itu, sambung Ngesti Pramuka merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melatih para generasi muda, agar siap dalam menghadapi tantangan globanisasi.

Melalui pendidikan kepramukaan di gugus depan atau pangkalan sekolah, anak-anak dilatih memiliki kepercayaan diri, oleh sebab itu, keberadaan para Pembina Gerakan Pramuka yang memiliki kompetensi menjadi sebuah keharusan, disekolah-sekolah.

Sementara pada kesempatan sama, Ketua Panitia Kegiatan, Sulaiman S.Pd melaporkan bahwa kegiatan kursus dan pelatihan ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Pembina dalam mengelola gugus depan serta melakukan pembinaan Gerakan Pramuka sesuai AD/ART.

Kegiatan kursus ini diharapkan mampu, meningkatkan kualitas para pembina, dalam mengelola gerakan Pramuak diasekolah-sekolah, menjadi lebih baik dan berprestasi.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 16-20 oktober 2016, bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Natuna/Padang Kurak dengan jumlah peserta 86 orang, terdiri dari perwakilan dari SD, SLTP dan SLTA dari Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut dan Bunguran Tengah.(Nang/dn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.