Menaker Hanif Dhakiri Sebut BLK Batam Seperti Rumah Hantu

Menaker hanif Dhakiri saat berkunjung ke kota Batam
Menaker hanif Dhakiri saat berkunjung ke kota Batam

Batam (MK)-  Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Batam di Batuaji tak ubahnya seperti rumah hantu.

Walikota Batam yang didampingi Kapolda Kepri, Kapolresta Barelang, perwakilan BP Batam, dan Kadiv Keimigrasian Kepri menyambut kedatangan Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri di BLK (Balai Latihan Kerja) BP Batam Batu Aji.

Menteri Ketenagakerjaan dalam kunjungannya ke Batam mengunjungi beberapa tempat antara lain BLK BP Batam, PTSP BP Batam dan BTP BP Batam.

Saat menyambangi gedung BLK Batam ia mengatakan gedung tersebut seperti rumah hantu.

“Sudah jadi rumah hantu ini,” ujar Hanif Dhakiri pada saat ia meninjau asrama di ke BLK, kemarin.

Gedung Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT-BLK) pun dianggap sudah tidak layak. Bangunan tahun 1999 ini tidak ada fasilitas penerangan.

Bahkan genteng dan jendela sudah dibeberapa bagian sudah tidak ada.

Untuk diketahui BLK Batam dibangun tahun 1999 dengan menggunakan Dana Iuran Wajib Pendidikan Latihan (IWPL). Dana IWPL ini diperoleh dari tenaga kerja asing yang bekerja di Batam dimana dana tersebut 50% untuk Pusat dan 50% untuk Badan Otorita Batam.

Pada tahun 2001 Pengelolaan BLK Batam dikelola oleh Yayasan Karya Bangsa bentukan Pemko Batam dan Badan Otoritas Batam.

“Ya kondisi BLK tadi sudah layak lagi, benar-benar suram, jadi kalau istilahnya jika tadi saya berada di BLK adalah masa kegelapan sekarang saat saya berada di sini, saya dibawa ke sini (BTP) menjadi zaman terang benderang,” tutupnya. (mun)