Presiden Jokowi Saksikan Prajurit dan Pesawat Tempur Manuver di Natuna

atraksi-terjuan-payung-untuk-menguasi-pangkalan
Atraksi terjun payung untuk kuasai pangkalan

Natuna (Marwahkepri.com) – Presiden RI Joko Widodo menyaksikan secara langsung ribuan prajurit dan pesawat tempur bermanuver di Natuna. Atraksi digelar di pangkalan TNI AU Ranai ini, merupakan puncak latihan perang Angkasa Yudha tahun 2016.

Bersama ibu negara Iriana Jokowi tiba di Lanud Ranai sekitar pukul 09.45 WIB menggunakan pesawat TNI AU. Setelah melakukan peninjauan beberapa alutsista dan mendengarkan pemaparan, Jokowi menyaksikan atraksi dari podium kehormatan, pada Kamis (6/10).

Angkasa Yudha di kepulauan Natuna berjalan sukses dan lancar, berbagai manuver lapangan, penembakan sasaran, penerjunan pasukan, dalam misi menguasai pangkalan, berhasil dilaksanakan sesuai dengan misi operasi.

Dalam keterangan persnya, Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marskal TNI Agus Supriatna menyebutkan, latihan ini merupakan latihan puncak TNI -AU dan merupakan akumulasi dari semua latihan yang telah dilaksanakan oleh satuan-satuan TNI AU, mulai dari tingkat perorangan, satuan hingga komando utama (Kotama).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan Panglima Kotamaops TNI AU dan staf dalam merencanakan dan melaksanakan oprasi udara sesuai  doktrin TNI AU. Disamping itu juga utuk menguji doktrin dan prosedur tetap, serta mengukur kesiapan dan kemampuan air crew dan Paskhas TNI AU dalam melaksanakan operasi udara dan menguji kesiapan dan kemampuan alutsista dalam melaksanakan operasi udara.

Latihan di kabupaten Natuna menampilkan demonstrasi kemampuan serangan udara, dikemas dalam bentuk manuver lapangan, penerjunan pasukan, serta penembakan target-target operasi di Lanud Ranai.
Beberapa kekuatan diilibatkan dalam latihan perang Angkasa Yudha 2016 di kepulauan Natuna, terdiri dari jajaran Koopsau I, Koopsau II, Korpaskhasau, Kodiklatau dan Kohanudnas.

Total personil yang dilibatkan dalam latihan itu, sebanyak 2500 personil dengan dukungan kekuatan tempur terdiri dari pesawat tempur Sukhoi sebanyak 8 unit dari Skadron 11, Ranai 3 unit dan Batam 5 unit. Pesawat tempur F-16U, sebanyak 16 unit dari Skadron 3 dan Skadron 16 Ranai.

Pesawat tempur T-50i 8 unit dari Skadron 15 Ranai. Pesawat tempur Hawk berjumlah 9 unit dari Skadron 1 dan Skadron 12 Ranai. Kemudian pesawat EMB – 314 Super Tucano 8 unit dari Skadron Supadio Pontianak.

Selain itu juga melibatkan kekutan angkut, terdiri dari pesawat angkut C-130, sebanyak 9 unit dari Skadron 31 dan 32 Halim. Pesawat angkut C-295 berjumlah 3 unit dari Skadron 2 Supadio dan pesawat C-212 sebanyak 2 unit dari Skadron Ranai.

Kemudian kekuatan Helikopter terdiri dari Helikopter NAS 332, berjumlah 3 unit dari Skadron 6 Ranai. Helikopter SA 330, sebanyak 3 unit dari Skadron 8 Ranai, Helikopter PTTA 4 unit dari Skadron 51 Ranai, B 737 tiga unit dari Skadron 17 Halim.

Berbagai atraksi yang digelar dalam puncak angkasa yudha berlangsung kurang lebih selama dua jam di bandara Lanud Ranai disaksikan presiden Jokowi, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantio, Mensesneg Anung Pramono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri KP Susi Pudjiastuti.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.