Kodim Natuna Gelar Kegiatan Bersifat Kearifan Lokal

Peringatan HUT TNI ke 71

kodim
Dandim Foto bersama dengan masyarakat

Natuna (Marwahkepri.com) – Rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke 71, Kodim 0318 Natuna menggugah antusias masyarakat untuk mencintai dan melestarikan nilai-nilai lokal serta tetap melestarikan permainan rakyat yang ada di Natuna. Karenanya Kodim menggelar berbagai kegiatan yang berprinsif lokal.

Dandim Natuna, Letkol Inf. Ucu Yustiana mengatakan, momen HUT TNI kali ini dipergunakan untuk bergabung dengan masyarakat demi menjaga kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Tahun ini Kodim Natuna mengggelar berbagai kegiatan yang dikemas dalam bentuk perlombaan, permainan dan kerja bhakti. Kesemuanya digelar dengan masyarakat.

“HUT TNI kali ini kita ingin dimeriahkan di Natuna dengan hal-hal yang bernuansa lokal. Kita ini kemanunggalan TNI dengan masyarakat terjaga erat,” katanya di Gedung Gasing Natuna, Jalan H. Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Ranai, Selasa (27/9).

Ia menyebutkan, kali ini pihaknya menggelar berbagai perlombaan rakyat seperti permainan gasing, lari 7 kilo meter, pekan ekspo yang akan memamerkan kekayaan budaya Natuna, fun bike, carnaval budaya, lomba Gurindam 12 dan lain sebagainya. “kegiatan-kegiatan ini kita gelar hingga 5 Oktober mendatang dengan lokasi yang berbeda-beda”.

Khusus perlombaan Gasing, sang Letkol menjelaskan, lomba diikuti oleh 16 kelompok pemain dan berasal 6 Kecamatan yang ada di Pulau Bunguran Besar.

“Tadinya peserta ada 16 kelompok yang daftar cuma 1 kelompok dari Kecamatan Pulau Tiga berhalangan ikut. Lomba ini akan kita berikan uang pembinaan dan hadiah bari para pemenangnya”.

Ia mengaku, pihaknya sengaja menyentuh sisi budaya sebagai wujud andil dalam melestarikan kearifan lokal yang ada di Natuna.

Menurutnya kearifan lokal harus dilestarikan karena Natuna sektor pariwisata Natuna akan dibangun oleh pemerintah. Pariwisata bukan hanya menarik dari unsur keindahan alam saja melainkan juga keindahan dan kelestarian nilai-nilai budayanya.

“Terus seperti yang kita ketahui bersama, Natuna ini akan dibangun wisatanya, maka nilai-nilai ada budaya ini sangat diperlukan sebagai salah satu unsur pariwisata. Maka permaian-permainan dan budaya lainya seperti ini harus dilestarikan, jangan sampai hilang dari tengah-tengah masyarakat”.(nang/dn)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.