Pemkab Natuna Peringati HUT Provinsi ke 14

upacara
Upacara di halaman kantor bupati Natuna

Natuna (Marwahkepri.com) – Mengenakan pakaian khas melayu baju kurung, ratusan pegawai dan tenaga honor dilingkungan Pemkab Natuna mengikuti apel pagi dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Kepulauan Riau ke 14, dihalaman kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Senin pagi (26/9).

Dalam kesempatan itu, bertindak selaku inspektur upacara bupati Natuna, Hamid Rizal dan komandan upacara dipimpin oleh Sekretaris Perhubungan Natuna, M Amin.

Sebelum membaca amat Gubernur Kepulauan Riau, Hamid Rizal sempat mengultimatum para pegawai dan PTT, dalam tata cara berpakaian baju kurung melayu.

“kalau pakai baju kurung harus pakai kain dan kopiah, jangan sembarangan kalau tak lengkap mending tak usah pakai, sebab itu ciri khas pakaian melayu kita, jangan asal-asalan”, ujar Hamid.

Dalam amanat Gubernur Kepri yang dibacakan oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal, HUT Provinsi Kepri ke 14, berupaya mendorong kita semua, dalam mewujudkan cita-cita dan perjuangan Provinsi Kepri menuju masyarakat sejahtera.

Provinsi Kepri dalam melaksanakan dan mewacanakan pembangunan, senantiasa berpedoman pada arah dan tujuan mewujdukan visi – misi provinsi kepri 2016 -2021, sebagai bunda tanah melayu yang sejahtera, berahlak mulia, ramah lingkungan dan unggul dibidang maritim.

Dalam rentang waktu 14 tahun sejak berdirinya Provinsi Kepri, alhamdulillah sudah banyak pencapaian pembangunan. Adapun tolak ukur pembangunan dilihat dari beberapa indikator, seperti pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, IPM, IDRD perkapita, dan tingkat penduduk diatas garis kemiskinan.

Adapun, tingkat pertumbuhan ekonomi di Kepri menunjukan angka positif dari tahun ke tahun mencapai 5,40 persen, berjalan baik secara nasional dengan inflasi pertumbuhan sebesar 1,37 persen.

Disamping itu, indek pertumbuhan manusia (IPM) di Kepri juga mengalami peningkatan dimana pada tahun 2014 sebesar 73,40 meningkat menjadi 73,75 ditahun 2015. IPM di Kepri terus menunjukan peningakatan selama lima tahun terakhir dan berada diatas rata-rata IPM Nasional. Ini patut kita sukuri dan kita banggakan.

Saat ini, seluruh daerah di Kepri diminta melakukan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2016 ini, Provinsi Kepulauan Riau memasuki usia ke 14, sejak ditetapkannya undang-undang nomor 25 tahun 2002, tanggal 24 September 2002 tentang pembentukan Provinsi Kepri.(mk/bk)