Legislatif Pastikan Gaji Guru Honor Dibayar

raja-marzuni
Raja Marzuni

Natuna (Marwahkepri.com) – Ketua Komisi I DPRD Natuna, Raja Marzuni, menyebutkan gaji para guru komite dan guru honor tetap akan dibayar tahun ini.

Namun saat ini, terang lelaki yang biasa di sapa pak Raje itu, anggaran untuk pembayaran gaji guru honor di Natuna harus menunggu pengesahan APBD Perubahan.

Dana honor komite itu terpisah dari anggaran bros pada APBD 2016. Anggaran ini punya kode rekening sendiri tidak sama dengan dana bros.

Pada saat mau dilakukan pembayaran oleh Diknas tidak ada petunjuk teknis (juknis), yang mengatur pembayaran gaji guru honor.

“Tidak ada  juknis yang mengatur, bahwa diknas boleh membayar honor komite, sehingga menyebabkan dana ini belum bisa disalurkan”, terang Raja Marzuni, Kamis(15/9) di gedung Dewan.

Dikarenakan Dinas Pendidikan tidak boleh mengeluarkan SK untuk pembayaran, maka dana guru momite ini akan dimasukan dalam mata anggaran dana bros pada pengesahan APBD Perubahan.

“Jika anggaran ini sudah dimasukan dalam anggaran bros, maka secara otomatis juknis untuk pembayaran sudah ada”, terang Marzuni.

Sambung Marzuni, gaji para guru honor dipastikan akan dibayar pada APBD Perubahan nanti, Sebab anggaranya sudah ada, ini bukan penambahan anggaran tapi pergeseran anggaran, tidak akan terpengaruh jika Natuna mengalami defisit pada perubahan nanti.

Posisi dana untuk guru komite ini, uangnya sudah ada pada anggaran tahun ini, tapi karena terganjal aturan dalam pembayaran maka anggaran itu, dipending.

Sebenarya titik persoalan tidak disalurkan gaji guru honor komite ini, terang Marzuni adanya moratorium dari pemerintah, melarang penerimaan guru honor, jika tetap di SK kan, dan dibayar gajinya maka kita dianggap melanggar peraturan.

“Itu permasalahan yang terjadi, kalau uang sudah standbye cuma regulasi untuk pembayaran tidak dibenarkan” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap para tenaga guru honor dan komite bersabar sampai APBD Perubahan disahkan.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.