Bupati Resmikan Pembentukan Kampung KB Desa Tanjung

peresmian-balai-penyuluhan-kb-desa-tanjung
Bupati meresmikan kampung KB desa Tanjung

Natuna (Marwahkepri.com) – Bupati Natuna,Hamid Rizal meresmikan pembentukan kampung Keluarga Berencana (KB) Desa Tanjung, Kecamatan Bunguran Timur Laut, baru-baru ini.

Selain itu, bupati juga meresmikan tiga bangunan gedung balai penyuluh KB di tiga kecamatan termasuk meresmikan gudang alat dan obat kontrasepsi serta kegiatan TNI Manunggal KB Kes Kabupaten Natuna yang dilaksanakan di Desa Tanjung.

Bupati Hamid dalam sambutannya mengatakan, kampung KB adalah miniatur program KB secara terpadu dan koprehensif di tingkat desa. Begitu juga dengan pembangunan balai penyuluhan KB dan gudang alat kontrasepsi sebagai penunjang sarana dan prasarana untuk mendekatkan akses pelayanan program KB.

”Sampai saat ini baru dibangun tiga unit gedung balai penyuluh KB dan satu gudang alat dan obat kontrasepsi yang nantinya akan digunakan sebagai wadah beraktivitas petugas kader dan masyarakat serta penyimpanan alat kontrasepsi,” kata Hamid.

Dikatakan Hamid, konsep yang diterapkan dalam program pembentukan kampung KB yaitu memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, infrastruktur dan lain sebagainya yang menjadi bagian dari program pemerintah Indonesia.

Komandan Kodim 0318 Natuna Letkol Inf Ucu Yustiana mengaku siap mendukung program pembentukan kampung KB mengingat program tersebut termasuk bagian dari program TNI Manunggal KB Kes.

”Pada peresmian kampung KB ini kita juga ikut berpartisipasi dengan menggelar pelayanan KB geratis di Desa Tanjung bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Natuna,” Kata Dandim melalui Kasdim Mayor Inf Oki Fikriyansah.

Dari data Pemkab Natuna, tingkat kesertaan masyarakat untuk memasang alat kontrasepsi di Desa Tanjung sangat masih sangat rendah. Kodim Natuna pun ikut menyasarnya melalui program TNI Manunggal KB Kes ke Desa Tanjung dengan harapan kesertaan masyarakat lebih tinggi.

”Pokoknya kita sangat mendukung sekali program pembentukan kampung KB ini. Ke depan diharapkan setiap kecamatan dibentuk kampung KB,” tutupnya.(mk/tpi)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.