Natuna Kejar Peluang Dapatkan Politeknik Perikanan

Agus Supardi,M.Si

Natuna (Marwahkepri.com) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui usulan Bupati meminta kepada pusat agar mendirikan Politeknik Perikanan di Kabupaten Natuna. Peluang ini dikejar karena pada tahun 2016 ini Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun Politeknik dibeberapa daerah di Indonesia.
Kadis Disdikbud Natuna Agus Supardi kepada media ini menuturkan, kendati Poltek Perikanan ini merupakan unit pendidikan dibawah KKP, akan tetapi sudah dilakukan koordinasi dengan Tim, dimana leading sektor yang mengajukan adalah Dinas Pendidikan bukan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Sejauh ini proposalnya sudah diajukan kepada Kementerian, sejatinya KKP akan membangun 10 Politeknik, hanya saja karena defisit anggaran, hanya lima Poltek yang akan dibangun. Sekarang ini sudah dibangun dua Poltek, yakni di Kupang dan Kalimantan Timur.

“kita sudah mengajukan proposal ditandangani Bupati, karena kita dapat info dimana kementerian akan membangun 10 politeknik tahun 2016 ini, namun karena devisit dipotong lima. Sudah dibangun dua di Kupang dan kalimantan Timur, masih ada 3 yang diperebutkan, kita berharap bisa mendapatkan itu”. ujar Agus di kantornya, Senin (5/9).

Pemerintah kabupaten sudah komitmen terhadap lahan seluas 10 hektar, dimana 6 hektar berada di komplek Masjid Agung dan 4 hektar di kawasan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Sepempang. Disamping itu, pemerintah juga siap membebaskan lahan dilokasi yang ditunjuk kementerian.”kalau untuk asrama dan sekolah kita tarokkan di masjid agung”.

Koordinasi sudah dilakukan beberapa kali, Sekjen dan Direktur Pengembangan Sumber Daya Manusia KKP serta beberapa tim lainnya, menyambut baik dan sudah meninjau lokasinya. Balai Benih di Sepempang tersebut bisa digunakan untuk praktek, sehingga mereka tidak perlu membangun lagi.

“kan balai benih itu nantinya bisa digunakan untuk praktek, sehingga mereka tidak perlu bangun lagi, mereka tinggal operasionalkan sudah bisa. Itulah dari sektor pendidikan dari kegiatan pusat yang kita minta untuk disini”.

Seandainya permintaan Natuna direstui Kementerian, maka pilihan masyarakat Natuna untuk melanjutkan pendidikan akan semakin bervariasi. Apalagi selama ini, di Natuna hanya ada Perguruan Tingg STAI Natuna, jadinya masyarakat tidak ada pilihan lain.

“supaya masyarakat kita dari kecamatan ada Variasilah terhadap pendidikan disini, dan juga bukan untuk Natuna mungkin Anambas, Kepri, Pontianak silahkan kesini. Seperti kita disni mengirim anak kita ke Jakarta dan Sidoarjo. Sidoarjo ada Poltek kelautan perikanan, di Jakarta Sekolah tinggi Ilmu Kelautan dan Perikanan”.

Apabila Poltek Perikanan dibangun Kementerian di Natuna, segala sesuatunya akan ditanggung, termasuk fisik, Operasional, dosen. Pemerintah daerah hanya menyiapkan lokasinya saja.

“kalau jadi dibangun, kita mengharapkan porsi anak natuna kan lebih besar, kalau ada dua lokal 1 lokal anak natuna dan 1 lagi anak daerah lain, dengan demikian karena Poltek kelautan dan perikanan ini semuanya ditanggung kementerian, fisik ditanggung, operasional ditanggung, dosen ditanggung , cuma lokasinya kita yang siapkan”.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.