Minim Anggaran, Operasi Satpol PP Tidak Maksimal

Satpol PP tengah merazia salah satu THM di Ranai
Satpol PP tengah merazia THM di Ranai

Natuna (Marwahkepri.com) – Satpol PP merupakan sebuah instansi resmi dalam penegakan Peraturan Daerah, beban berat ada di pundak Pamong ini. Namun siapa menyangka, minimnya anggaran untuk operasional membuat mereka tidak maksimal dalam menjalankan tugas.

Kasi Pembinaan dan Pengawasan Satpol PP Natuna, Zainal mengatakan, sebenarnya razia-razia sudah dilakukan sejak bulan Januari. Akan tetapi anggaran yang dinilainya terlalu kecil untuk operasi, membuat mereka harus pintar menyiasatinya.

Pada tahun ini, anggaran yang tersedia hanya sekitar Rp 102 juta, anggaran ini terbilang kecil sementara pegawainya banyak. Namun demikian, tidak serta merta membuat mereka patah semangat, pihaknya terpaksa menyesuaikan dengan volume yang ada.

“razia sudah kita lakukan sejak Januari, anggaran kita memang ada sekitar 102 juta, kalau kita lihat memang kecil, tetapi kita sesuaikan dengan volume yang ada, sementara itu pegawainya banyak anggaran kurang, terkadang kita melibatkan trantib dan perundangan”.

Menurutnya, anggaran untuk kegiatan ini tidak perlu pantastis, idealnya sekitar Rp 400 juta saja sudah memungkinkan untuk dijalankan. Dirincikannya, untuk Operasional sekitar Rp 250 juta, sedangkan Rp 150 juta untuk sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan kondisi sekarang kata Zainal, pihaknya terpaksa melakukan pemilahan terhadap mana saja kegiatan yang lebih prioritas. Saat ini kegiatan lebih difokuskan terhadap kegiatan Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan (KKK) sesuai dengan Perda nomor 36 tahun 2008.

“idealnya mungkin sekitar 400 juta sudah cukup, 250 juta untuk kegiatan operasional, dan 150 juta untuk sosialisasi. Kalau sekarang ini, kan kita harus memilah-milah mana yang prioritas, seperti perda nomor 36 tahun 2008, tentang KKK”.

Razia ke tempat hiburan malam tetap akan dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Tugas (SPT), kedepan Linmas juga akan berperan melaksanakan sosialisasi, mereka akan membuat jadwal tersendiri dalm pembinaan terhadap masyarakat.(mk/nang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.