Aktivitas Penambangan Timah Rajok Cemari Lingkungan Nelayan Sungai

Aktivitas penambangan timah di Sungai Langkap, Singkep.
Aktivitas penambangan timah di Sungai Langkap, Singkep.

LINGGA (MK) – Aktifitas penambangan timah rajok oleh bukan warga tempatan yang tidak bertanggung jawab berlangsung cukup lama di Kecamatan Singkep Selatan khususnya di wilayah Dusun II Remik, Desa Marok Kecil.  Hal ini membuat warga nelayan setempat resah karena limbah penambangan tersebut terus menerus mengalir ke sungai bahkan sampai ke muara sungai tempat mereka biasa menangkap ikan dan udang sebagai nelayan sungai.

“Kami sangat kecewa sama oknum-oknum penambang timah rajut liar ini. Jelas-jelas hanya untuk mendapatkan kekayaan serta keuntungan pribadi mereka saja. Tanpa memikirkan dan memandang dampak buruk akan pencemaran lingkungan khususnya perairan sungai yang disebabkan ulah kerja mereka terhadap sumber mata pencarian kami selama ini,” ujar salah seorang nelayan setempat.

Menurutnya, karena ulah yang tidak bertanggungjawab tersebut air sungai Langkap, tempat mereka menangkap ikan dan udang selama ini jadi tercemar dan keruh berlumpur.

Diakui warga lainnya, sebut saja Sudin, dulu sebelum ada penambang timah rajok ini airnya bersih, tapi sekarang berubah total jadi keruh pekat berlumpur sehingga menyebabkan ikan dan udang biasanya mudah untuk didapatkan kini jadi susah malah bakal terancam punah keberadaannya.

“Dan kami juga sangat  menghawatirkan jika hal ini dibiarkan maka untuk masa-masa yang akan datang nanti sulit untuk mendapatkan ikan maupun udang sebagai hasil tangkapan khususnya nelayan sungai dan kami pastikan bakalan punah untuk selamanya dan bukan hanya ikan, udang saja tapi semua ekosistem yang ada di sungai Langkap ini,” ujar Sudin.

Warga juga menyayangkan perangkat kecamatan serta desa Marok Kecil terkesan tak ambil peduli dengan permasalahan ini. “Sehingga kuat dugaan, camat dan kades sudah ada kontrak kerja serta memberi izin resmi kepada oknum-oknun penambang yang didanai sekaligus sebagai penadah,” ujar sumber.  (mk/zul)

Print Friendly, PDF & Email

23 thoughts on “Aktivitas Penambangan Timah Rajok Cemari Lingkungan Nelayan Sungai

Leave a Reply

Your email address will not be published.