Ratusan Pegawai ASN Bakal Cabut Dari Natuna

Pegawai Natuna
Pegawai Natuna

Natuna (Marwahkepri.com) – Terkait dengan peralihan wewenang bidang dari Kabupaten/kota ke provinsi, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Ratusan pegawai dilingkungan pemerintah kabupaten Natuna akan pindah tugas.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Natuna Suhendri Yadi menuturkan, aturan ini akan mulai diterapkan sejak Januari tahun 2017. Karenanya, ada sekitar 299 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan pindah ke Provinsi Kepri maupun ke pusat.

“sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, dimana ada peralihan wewenang dari kabupaten ke provinsi maupun pusat, akan diterapkan per Januari 2017. Untuk kita Natuna ada 299 Aparatur akan pindah ke provinsi”.

Sesuai dengan peraturan, para pegawai yang bakal pindah terdiri dari beberapa instansi, diantaranya Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun), Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB).

Dari instansi tersebut sudah mengusulkan perpindahan, daftar nama-nama pegawai tersebut sudah disiapkan BKD Natuna, selanjutnya tinggal menunggu persetujuan dan tanda tangan Bupati Natuna.”iya naman-namanya sudah kita siapkan, tinggal tanda tangan bupati saja”.

Peralihan wewenang yang paling banyak pegawainya adalah SMA sederajat, guru ASN, guru PTT, guru GTT, guru honorer, penjaga sekolah, penjaga perpustakaan, pegawai laboratorium, akan menjadi pegawai provinsi.

Sesuai UU no 23 tahun 2014, sebagian kewenangan Pemkab atau Pemko akan diambil alih kewenangannya oleh provinsi termasuk pegawainya. sementara itu sebagian pegawai Provinsi ada juga yang pindah ke pusat.

Pria yang acap dipanggil Yadi ini juga menjelaskan, dengan adanya Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, beberapa dinas dan badan di Natuna akan dirampingkan dan ditambah. Untuk itu dilingkungan Pemkab Natuna sendiri sudah dipastikan banyak ASN bakal pindah.

“dan sesuai PP no 18 tahun 2016 tentan perangkat daerah, kita sendiri akan ada perampingan maupun penambahan dinas dan badan. Maka dari itu akan banyak juga pegawai ASN pindah yang pindah nantinya”.(nang/ard)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.