Gegara Tak Kuorum, Harmidi Sesalkan Ditundanya Rapat Paripurna

Harmaidi
Harmaidi

BATAM (MK) – Anggota DPRD Kota Batam Komisi I, Harmidi Umar Husein menyesalkan ditundanya Rapat Paripurna akibat tidak terpenuhinya kuorum anggota DPRD Kota Batam. Hal ini membuat penjadwalan yang dilakukan Badan Musyawarah (Banmus) terpaksa diulang kembali.

“Pengambilan keputusan dalam Paripurna tentang laporan pansus pembahasan Ranperda izin usaha kontruksi tidak bisa dilanjutkan,” ujar Harmidi ketika diwawancarai setelah rapat selesai dengan penundaan, (31/8)

Hal tersebut merupakan keputusan sakral, di mana sangat berbeda dengan rapat lainnya, bisa dikatakan kuorum setelah dihadiri minimal oleh 34 anggota DPRD dari 50 orang, sedangkan rapat lainnya cukup hanya 50 persen plus satu.

“Padahal jauh hari sudah kita jadwalkan dengan melakukan penyesuaian dengan agenda lainnya, juga sudah disetujui oleh sesama rekan,” ungkapnya yang juga selaku anggota Banmus.

Namun, setelah rapat Paripurna dilaksanakan rekan kita menyalahkan akan adanya agenda itu, dengan alasan sedang melakukan Bimtek diluar daerah yakni Surabaya.

“Secara hukum berlaku penjadwalan rapat Paripurna dilakukan oleh Banmus dan harus di ikuti setelah adanya persetujuan bersama,” jelas Politisi Harmidi.

Maka dari itu, akibat ketidak hadiran rekan kita dalam rapat Paripurna sangat disesalkan dan disayangkan, bahkan terkesan tidak menghargai Banmus selaku alat kelengkapan DPRD Kota Batam.

“Ini sama dengan menampar muka kita sendiri dan kurang lebihnya menepuk air didulang, dimana kita menepuk kita juga yang kena,” ujar politisi Gerindra ini.

Ke depannya, dia berharap agar penundaan rapat Paripurma ini dijadikan sebuah pembelajaran, sehingga perlu kordinasi kuat agar bisa menjaga citra DPRD Kota Batam.

Dilanjutkannya, kalau sudah dijadwalkan harus dilaksanakan, dalam setiap Paripurna berikutnya komisi harus rapat dulu, setelahnya disetujui badan kelengkapam, banggar, banleg baperda.

“Kalau bisa kita gunakan waktu semaksimal mungkin untuk menjalankan amanah rakyat serta untuk peningkatan pembangunan dan investasi di Batam,” tandas dia. (mk/mun)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.