Kapal Roro Dabo – Batam Dimanfaatkan untuk Angkut Produk Illegal Loging

Roro yang merapat di Pelabuhan Jago, Dabo Singkep.
Roro yang merapat di Pelabuhan Jagoh, Dabo Singkep.

LINGGA (MK) – Kapal Roro rute Dabo Singkep, Batam dan Tanjungpinang, diduga sejak lama dijadikan  sebagai alat angkut rutin berbagai produk Illegal logging.

Produk illegal loging atau penebangan liar tersebut berupa kayu beroti dan balok kapur. Sejumlah pihak menyayangkan Pemkab Lingga khususnya Dinas Perhubungan dan KPPP Laut melakukan pembiaran terhadap kegiatan ini.

Dari pantauan media ini, aparat yang berjaga di Pelabuhan Jagoh Dabo seakan – akan tutup mata melihat keluar masuknya lori box yang tertutup rapat tanpa ada pemeriksaan akurat terhadap barang muatan.

Sumber yang tak ingin disebut identitasnya mengatakan, salah satu oknum yang bermain dalam kegiatan terlarang ini adalah SF dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga.

“Saya juga heran akan hukum dan undang-undang yang berlaku di Kabupaten Lingga ini. Mengapa ada perbedaan antara kami masyarakat biasa dengan oknum-oknum aparatur negara mengenai ketegasan hukum maupun undang-undang tentang ilegal loging,” papar sumber, Rabu (30/7) di Dabo Singkep.

Menurutnya, sudah banyak masyarakat biasa yang membawa kayu ke Batam dan Tanjungpinang ditangkap dan diproses secara hukum, tapi jika yang membawa tersebut mengatasnamakan aparatur maka mereka bebas melenggang.

Sementara itu Yamen, salah seorang warga Lingga mengharapkan agar aparatur negara dan penegak hukum dapat bersikap adil dan tidak memanfaatkan posisi untuk melawan hukum negara.

“Jika pekerjaan Illegal loging ini dilarang serta melanggar hukum maka siapapun itu orangnya baik masyarakat apa lagi aparatur negara yang benar-benar tahu akan kebenaran hukum, mana yang salah dan mana yang dibenarkan semua tidak dibenarkan. Tanpa pandang memandang apa dan siapa orangnya dan kapal roro bukanlah kapal yang disediakan pemerintah daerah untuk angkut barang-barang haram,” ucap Yamen. Hingga kasus ini diberitakan, pihak Dinas Perhubungan dan KPPP Laut Dabo Singkep belum berhasil dihubungi. (mk/zul)

Print Friendly, PDF & Email

33 thoughts on “Kapal Roro Dabo – Batam Dimanfaatkan untuk Angkut Produk Illegal Loging

Leave a Reply

Your email address will not be published.