Pompong Pinang – Penyengat  Terbalik, 15 Korban Tewas Tenggelam

Tim Sar dan AL saat melakukan pencarian korban.

Tanjungpinang (MK) – Kecelekaan pompong rute Tanjungpinang pulau Penyengat memakan korban jiwa tidak sedikit.  Jumlah korban meninggal saat pertama ditemukan pada Minggu (21/8) berjumlah 10 orang, sementara dua orang berhasil selamat dan lima yang terlambat ditemukan juga dinyatakan meninggal.

Kronologi kejadian, saksi di lokasi memaparkan pukul 8:30 WIB, rombongan korban membeli tiket untuk menyeberang dari pelabuhan Tanjungpinang ke pulau Penyengat, pukul 8:45 WIB dengan kondisi mendung dan hujan deras, penumpang yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 16 penumpang 1 nakhoda pompong, berangkat menuju ke pulau penyengat.

Setelah 15 menit perjalanan tepatnya pukul 9:00 WIB saksi mengatakan ada angin puting beliung yang disertai hujan deras menghantam pompong tersebut sehingga air laut memasuki pompong dan pompong mulai tenggelam. Penumpang mulai panik karena pompong akan terbalik saat pompong sudah terbalik hanya dua orang yang berhasil menggapai pompong yang sudah terbalik sebagai tumpuan atau pelampung yaitu nakhoda kapal Said Ismarullah dan Rasty (25). Penumpang yang lain tidak bisa menggapai tumpuan diduga dikarenakan para penumpang yang lain tidak bisa berenang.

Melihat kejadian tersebut dari jauh para penumpang lain yang sedang menunggu di pelabuhan menjadi panik, ,mereka tidak berani langsung menolong dikarenakan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk menolong.  (mk/sw)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.